Satgas Citarum Harum dan PT Pusaka Argo Pasific Tabur Bibit Bakteri Penjernih Air

Bandung Raya

Senin, 16 September 2019 | 22:37 WIB

190916222011-satga.jpg

prfm

JAJARAN TNI dari Sektor 7 Satgas Citarum Harum bekerjasama dengan PT. Pusaka Argo Pasific menabur bibit bakteri penjernih air di Sungai Citarum Desa Rancamanyar Kecamatan Baleendah, Kabupaten Bandung, Senin (16/9/2019).

Komandan Sektor 7 Satgas Citarum Harum Kolonel Kav Purwadi mengatakan, menaburkan bibit bakteri penjernih air itu jelang melaksanakan bhakti sosial.

"Ini kurang lebih 6 hari lagi kita akan melaksanakan bhakti sosial dimana kondisi air masih hitam. Menabur bibit bakteri penjernih air ini, kami bekerjasama dengan PT. Pusaka Argo Pasifik untuk menebar bakteri MR. 08 di Sungai Citarum," kata Purwadi didampingi perwakilan dari PT. Pusaka Argo Pasific Jodi Hendra kepada wartawan di bantaran Sungai Citarum, Senin sore.

Menurutnya, penebaran bakteri MR. 08 bertujuan untuk mengurai limbah yang ada di air, sehingga paling tidak bisa mendekati jernih.

"Hari ini (Senin, red) 150 drum nanti kita akan tebar tebar lagi hari Kamis, Jumat dan hasilnya nanti kita lihat sampai tanggal 20 September mendatang," kata Purwadi.

Ia berharap, seperti tahun lalu pihaknya tebarkan bakteri saat ada mancing mania, sehingga ikan-ikan bisa hidup. "Diharapkan bakteri bisa berkembang biak dihabitatnya dan bisa mengurai limbah yang ada di Sungai Citarum," ucapnya.

Dengan kondisi seperti ini, katanya, yang baru bisa hidup hanya ikan sapu-sapu, sedangkan yang lainnya tidak bertahan hidup.

Purwadi mengatakan, Sungai Citarum masih tercema limbah dan penanganannya belum maksimal karena masih ada pabrik yang nakal membuang limbah cair ke Sungai Citarum. 
"Seperti beberapa hari lalu ada pabrik yang saya cor saluran limbahnya," pungkasnya.

Editor: Kiki Kurnia

Bagikan melalui:

KOMENTAR

BERITA LAINNYA