Jalan Jakarta Padat Merayap, Skema Rekayasa Sudah Disiapkan

Bandung Raya

Senin, 16 September 2019 | 10:33 WIB

190916103644-jalan.jpg

@petandang

ARUS lalu lintas di sepanjang Jalan Jakarta, Kota Bandung, terpantau padat merayap pada Senin (16/9/2019) pagi.

Kepadatan itu merupakan dampak penyempitan jalan sebelum lampu merah perempatan Ahmad Yani dan Supratman karena pekerjaan jalan layang (flyover).

Kasubnit Gasus Turjawali Kota Bandung Iptu Pepen mengaku telah menyiapkan skema rekayasa lalu lintas untuk mengurai kepadatan yang kini terjadi di Jalan Jakarta.

Pepen menambahkan, skema rekayasa lalin ini mencakup contra flow hingga durasi traffic light.

"Kita akan membuka jalur di Jalan Bogor dan Jalan Jakarta bisa contra flow. Jadi bisa belok kanan masuk ke Jalan Bogor dengan cara melawan arah. Nanti dari Jalan Bogor hingga mendekat persimpangan Ahmad Yani, kita lakukan pengaturan secara manual," kata Pepen saat On Air di Radio PRFM 107,5 News Channel.

Sementara untuk mengurasi kepadatan volumen kendaraan dari arah timur, Pepen menyebut pihaknya akan menambah durasi traffic light yang ada di Jalan Jakarta.

"Pengaturan Traffic Light untuk durasi waktu lampu hijau dari Jalan Jakarta diperpanjang menjadi 4 Menit. Untuk dari arah Jalan Riau ditambah menjadi 3 Menit," imbuhnya.

Namun demikian, Pepen menyebut rekayasa lalin di sputaran Jalan Jakarta masih bersifat tentatif. Rekayasa lalin akan diterapkan antara besok (Selasa) atau pada Rabu, 18 September 2019 mendatang.

Seperti diketahui, Pemerintah Provinsi Jawa Barat mulai membangun 2 flyover hibah untuk Kota Bandung di Jalan Laswi dan Jalan Supratman. Keduanya dibangun melalui dua tahap.

Editor: Endan Suhendra

Bagikan melalui:

KOMENTAR

BERITA LAINNYA