Satgas Dalkar Ibun Awasi Lahan Hutan yang Rawan Terbakar

Bandung Raya

Sabtu, 14 September 2019 | 11:18 WIB

190914111928-satga.jpg

SATUAN Tugas  Pengendalian Kebakaran (Satgas Dalkar) Kecamatan Ibun Kabupaten Bandung terus pengawasan lahan hutan yang rawan dilanda bencana kebakaran, Sabtu (14/9/2019).

Pemantauan di bawah kendali Kapolsek Ibun Iptu Carsono itu, dilaksanakan di kawaan hutan Blok Datar Kumeli area Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Jawa Barat.

"Kawasan itu sempat dilanda kebakaran pada Kamis (12/9/2019) sore pukul 16.00 WIB. Kebakaran ilalang itu merupakan kawasan hutan konservasi dan masuk kawasan  Pegunungan Kamojang Desa Laksana Kecamatan Ibun," kata Kapolres Bandung AKBP Indra Hermawan melalui Kapolsek Ibun Iptu Carsono kepada galamedianews.com di Mapolsek Ibun.

Carsono mengatakan, peristiwa kebakaran itu tidak sampai meluas karena cepat dikendalikan melalui upaya pemadaman api yang melibatkan Satgas Dalkar Kecamatan Ibun. Lahan yang terbakar seluas 3 hektare.

Satgas Dalkar itu melibatkan jajaran Muspika Ibun, Polsek Ibun, Koramil Paseh-Ibun, Satpol PP, Linmas, PT. Pertamina Geothermal Energi Area Kamojang, PT. Indonesia Power, BKSDA, Perhutani dan aparat desa setempat.

"Masyarakat setempat juga turut dilibatkan untuk membantu pemantauan dan melaporkan kejadian ketika melihat ada peristiwa kebakaran hutan atau ilalang," katanya.

Carsono menjelaskan, peristiwa kebakaran lahan ilalang di musim kemarau ini, penyebab dan asal api belum diketahui pasti.

"Peristiwa kebakaran ini bisa juga disebabkan karena panasnya terik sinar matahari, sehingga mengakibatkan terjadinya kebakaran lahan ilalang," katanya.

Editor: Brilliant Awal

Bagikan melalui:

KOMENTAR

BERITA LAINNYA