Pemprov Jabar Genjot Pengembangan Perikanan dan Laut Juara

Bandung Raya

Kamis, 12 September 2019 | 18:24 WIB

190912182516-pempr.jpg

Irwina Istiqomah

KEPALA Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Jawa Barat, Jafar Ismail menyebutkan tiga program unggulan yaitu laut juara, gudang ikan juara, dan nelayan juara. Saat ini, Jabar memiliki 115.000 nelayan dan 57.000 orang di antaranya telah memiliki asuransi.

"Dengan program laut juara, kita ingin menghasilkan ekosistem yang berkelanjutan. Ikan itu suatu sumber daya yang harus dipelihara karena banyak jenis ikan yang hilang akibat diekspolitasi. Jadi, harus tetap lestari sampai keturunan kita nanti," ujarnya di Jabar Punya Informasi (Japri) di Gedung Sate, Kamis (12/9/2019).

Program nelayan juara, lanjut Jafar, yaitu menciptakan nelayan unggul melalui seritifikasi. Selain itu, nelayan mampu menerapkan teknologi agar hasil tangkapannya semakian efisien.

"Sudah ada percobaan teknologinya di Sukabumi dengan uji coba 10 unit. Hasilnya bisa sampai 10 kali lipat. Alat ini berna Fish Finder yg bisa menandai ikan berada sehingga nelayan mengambil ikan secara tepat," katanya.

Sedangkan program gudang ikan juara dimaksudkan untuk meningkatkan produktivitas ketersediaan ikan. Jabar terkenal sebagai penghasil produk ikan air tawar yang melimpah.

"Sekarang ini kita mencoba menciptakan teknologi yang memanfaatkan lahan sempit, tetapi bisa menghasilkan ikan yang banyak. Kita juga perlu benih ikan unggul agar ikannya lebih cepat tumbuh dan tahan terhadap penyakit," tuturnya.

Editor: Kiki Kurnia

Bagikan melalui:

KOMENTAR

BERITA LAINNYA