Caring For Children, Bantu Pendidikan Anak Disabilitas di Kota Bandung

Bandung Raya

Kamis, 12 September 2019 | 11:18 WIB

190912111935-carin.jpg

Rio Ryzki Batee

Siswa disabilitas membuat handprint sebagai simbol kegigihan di tengah keterbatasan di SLB ABCD Caringin, Jalan Holis, Kota Bandung, Kamis (12/9/2019).

PENDIDIKAN merupakan hak dari setiap manusia, termasuk bagi penyandang disabilitas. Walau demikian, program pendidikan bagi para disabilitas masih memiliki keterbatasan, terutama terkait peralatan dan kebutuhan khusus lainnya.

Melihat hal tersebut, Bussan Auto Finance (BAF) melalui program "Caring For Children" memberikan bantuan dalam mendukung pendidikan anak-anak disabilitas di Sekolah Luar Biasa (SLB) ABCD Caringin. Dimana terdapat 42 siswa disabilitas yang mengenyam pendidikan di sekolah tersebut.

Dalam acara tersebut, puluhan siswa disabilitas juga membuat handprint sebagai simbol kegigihan dalam menempuh pendidikan ditengah keterbatasan yang dihadapi.

Puluhan siswa ini memiliki kekurangan yang berbeda-beda, ada yang tunanetra, tunarungu, tunagrahita dan tunadaksa.

Kepala SLB ABCD Caringin, Tati Rumiati mengatakan, dalam memberikan pendidikan kepada para siswa disabilitas masih memiliki banyak keterbatasan, karena kekurangan peralatan keterampilan, ruang kelas dan lain sebagainya.

"Jadi anak-anak disabilitas lebih diarahkan kepada keterampilan, seperti tata boga, menjahit dan live skill lainnya. Maka dengan bantuan dari BAF, kami berharap dapat memberikan pendidikan yang lebih baik dan berguna bagi siswa kedepannya," ungkapnya di SLB ABCD Caringin, Jln. Holis, Kota Bandung, Kamis (12/9/2019).

Menurutnya, dengan berbagai kendala tersebut, maka proses pendidikan yang diberikan kepada para siswa menjadi belum maksimal. Oleh karena itu, pihaknya berupaya dapat memberikan pendidikan yang sebaik-baiknya, meski dengan kondisi yang terbatas.

"Selama ini, kami berupaya sebisa kami untuk memberikan yang terbaik bagi para siswa. Tapi kami optimis dengan tambahan berbagai peralatan dan fasilitas, maka siswa-siswa yang bersekolah disini dapat lulus dan lebih mandiri," katanya.

Sementara itu, Perwakilan Senior Management BAF Kantor Pusat, Mochammad Ali mengatakan, pihaknya memberikan bantuan kepada SLB ABCD Caringin, karena memang merupakan sekolah disabilitas yang sangat membutuhkan perhatian dari berbagai pihak.

"Sebelumnya kami melalukan dulu riset sekolah mana yang benar-benar membutuhkan bantuan, dan kami melihat sekolah ini sangat membutuhkan," ujarnya.

Ali menjelaskan, program Caring For Children dilakukan juga di kota-kota besar lainnya di Indonesia, seperti Medan, Jakarta, Makassar dan sejumlah kota lainnya. Untuk SLB ABCD Caringin, memberikan bantuan yakni perbaikan asrama, alat keterampilan, alat peraga disabilitas dan lain sebagainya.

Pihaknya berharap dengan berbagai bantuan tersebut, maka dapat meringankan beban terutama bagi yang memiliki keterbatasan maupun kemampuan. Dengan demikian, dapat mewujudkan generasi muda yang tangguh, terutama dari penyandang disabilitas.

"Ini merupakan wujud kepedulian kami kepada sesama, dengan harapan dapat menambah semangat mereka untuk terus maju dan lebih baik," tuturnya.

Editor: Brilliant Awal

Bagikan melalui:

KOMENTAR

BERITA LAINNYA