Pohon Tumbang di Cipatat, Untung Tak Ada yang Tertimpa

Bandung Raya

Rabu, 11 September 2019 | 21:47 WIB

190911214957-pohon.jpg

Dicky Mawardi

ANGIN kencang menumbangkan pohon bungur di samping Jalan Raya Cipatat-Padalarang KM 32 , Rabu (11/9) siang. Beruntung pada saat pohon itu tumbang tak ada kendaraan atau pun pejalan kaki yang melintas. 

Namun, pohon itu tumbang ke tengah jalan hingga menutup arus lalu lintas di jalan penghubung antara Kabupaten Cianjur dengan Kabupaten Bandung Barat ini.

"Lokasi kejadiannya tepat di depan jongko kelapa muda atau depan Pusdikif Cipatat," kata Kepala Desa Cipatat Darya Sugangga melalui telepon.

Akibat kejadian itu, arus lalu lintas di jalan nasional itu sempat mengalami kemacetan panjang. Proses evakuasi melibatkan unsur kepolisian, TNI, aparat desa dan kecamatan, BPBD, dan warga.

"Pohon itu tumbang bersama dengan terjadinya angin kencang. Kuatnya hembusan angin membuat pohon tumbang dan menimpa badan jalan," tuturnya.

Angin kencang juga dirasakan warga Kecamatan Padalarang dan Ngamprah. Ada baliho yang tumbang dan ranting pohon berjatuhan.

Sebelumnya diberitakan, sebuah pohon mahoni berdiameter sekitar 80 cm tumbang menimpa mobil, kabel telepon dan listrik serta pagar halaman rumah warga di Jalan Kolonel Masturi, Desa Kertawangi, Kecamatan Cisarua, Kabupaten Bandung Barat, Rabu (11/9) sekitar pukul 17.00 WIB. Lokasi kejadian berada sekitar 100 meter dari objek wisata Curug Cimahi (Pelangi,red) arah perkantoran Pemkab Bandung Barat.

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bandung Barat Duddy Prabowo mengatakan, pohon mahoni tumbang akibat angin kencang yang melanda kawasan tersebut. Di samping itu, kondisi pohon yang sudah rapuh tak mampu menahan hembusan angin kencang.

Editor: Endan Suhendra

Bagikan melalui:

KOMENTAR

BERITA LAINNYA