Ini 30 Kandidat Rektor ITB 2020-2025

Bandung Raya

Rabu, 11 September 2019 | 19:35 WIB

190911193729-ini-3.jpg

Rio Ryzki Batee

INSTITUT Teknologi Bandung (ITB) memperkenalkan 30 daftar nama bakal calon rektor, yang akan maju untuk mengikuti proses pemilihan rektor periode 2020-2025.

Ketua Majelis Wali Amanat (MWA) ITB, Yani Panigoro mengatakan bahwa 30 calon tersebut, telah melalui tahap verifikasi dokumen dan seleksi kelayakan. Sementara itu, ada 4 orang yang tersisih dalam pencalonan rektor ITB tersebut.

"Kami yakin dan percaya, bahwa upaya yang telah diberikan adalah wujud dari kepedulian, semangat, dan tanggung jawab yang luar biasa untuk kemajuan ITB," ungkapnya di Gedung Rektorat ITB, Jln. Tamansari, Kota Bandung, Rabu (11/9/2019).

Dalam kesempatan tersebut, pihaknya juga memperkenalkan 14 orang yang merupakan para panel ahli. Para panel ahli tersebut memiliki komposisi yang lengkap dari MWA, Senat Akademik, Dosen, Tenaga Kependidikan, dan Masyarakat/Profesional.

Menurutnya dalam tahap pertama, panel ahli bersama panitia pelaksana pemilihan Rektor bertugas untuk memeriksa pemenuhan syarat dan kriteria calon nomine untuk menjadi nomine.

"Para panel ahli juga proaktif mencari informasi lebih rinci tentang calon nomine," katanya.

Lebih jauh, penilaian dan pertimbangan panel ahli terhadap nomine juga akan didasarkan pada hasil tes kesehatan, dan asesmen lembaga negara serta assesment kompetensi. Kemudian akan dipilih sekitar 10 bakal calon rektor yang dikenalkan kepada publik pada tanggal 24, 25 dan 26 Oktober 2019.

Sementara pada tanggal 26 Oktober 2019 dan tanggal 1 November adalah Sidang Senat Akademik untuk mendapatkan tiga calon rektor.

"Pada tanggal 2 November 2019, tiga calon rektor itu akan bertemu civitas akademika dan stakeholder ITB pada acara expos publik. Direncanakan 8 November merupakan tanggal pemilihan Rektor ITB oleh MWA," tuturnya.

Disinggung terkait spanduk anti khilafah, lanjutnya, pihaknya sudah mengetahui terkait spanduk tersebut, diakuinya hal seperti ini bisa terjadi karena saat ini masyarakat melalui media apapun, bisa menyampaikan apa yang mereka anggap benar atau salah.

"Saya menilai itu bukan dari yang dukung calon. Itu barang kali siapa saya juga ga ngerti, jadi tidak usah dipermalasahkan," ujarnya.

Ia menuturkan bahwa MWA berharap rektor ITB yang terpilih nanti bisa mewakilkan kondisi kampus yang mahasiswa maupun dosennya berasal dari seluruh daerah mulai Aceh sampai Papua. Dengan demikian, rektor tersebut jelas harus menjunjung tinggi kebhinekaan dan keberagaman Indonesia.

"Jadi yang terpenting memang keberagaman itu harus tercermin," ucapnya.

Yani menerangkan meski para calon rektor tersebut nantinya akan ada yang tidak maju ke tahap selanjutnya, pihaknya tetap berharap mereka bisa tetap berkontribusi bagi kemajuan ITB.

"Kami berharap mereka akan tetap memberi perhatian dengan semangat untuk kemajuan ITB. Serta bersedia membantu pada berbagai kesempatan di masa yang datang," tambahnya.

Berikut daftar nama calon Rektor ITB periode 2020-2025 :

1. Acep Purqon
2. Edy Tri Baskoro
3. Tutuka Ariadji
4. Togar Mangihut Simatupang
5. Dermawan Wibisono
6. Deddy Kurniadi
7. Reini D. Wirahadikusumah
8. Bambang Riyanto Trilaksono
9. Daryono Hadi Tjahjono
10. Benyamin Sapiie
11. Ari Setijadi Prihatmanto
12.Satria Bijaksana
13. Emir Mauludi Husni
14. Jaka Sembiring
15. Mikrajuddin Abdullah
16. I Nyomari Pugeg Aryantha
17. Megawati Santoso
18. Edwan Kardena
19. Miming Miharja
20. Khairurrijal
21. Gusti Ayu Putri Saptawati Soekijo
22. Kadarsah Suryadi
23. Dicky Rezady Munaf
24. Widjaja Martokusumo
25. Dwi Larso
26. Dewi Larasati
27. Suhono Harso Supangkat
28. Sigit Puji Santosa
29. Bramantyo
30. Teti Armiati Argo

Editor: Endan Suhendra

Bagikan melalui:

KOMENTAR

BERITA LAINNYA