Jebolan STIKes Dharma Husada Bandung Harus Terapkan Teknologi dan IT

Bandung Raya

Rabu, 11 September 2019 | 17:15 WIB

190911171647-jebol.jpg

Rio Ryzki Batee

MEMASUKI era revolusi industri 4.0, berbagai sektor terus melalukan inovasi termasuk pada bidang kesehatan. Lebih jauh, pemanfaatan teknologi telah diupayakan pada masa pendidikan dari SDM (Sumber Daya Manusia) yang bergelut di bidang tersebut.

Kepala Bagian Kemahasiswaan dan Alumni STIKes Dharma Husada Bandung, Ahcmad Mundayat mengatakan bahwa dalam menyongsong era revolusi industri 4.0, pihaknya telah menerapkan pendidikan dalam bidang kesehatan yang berbasis teknologi dan IT.

"Penerapannya seperti kurikulum pengajaran berbasis digitalisasi online, sehingga pada metode perkuliahan para mahasiswa dan dosen dapat dilakukan dengan pola pembelajaran jarak jauh atau e-learning," ungkapnya pada wisuda ke-16 STIKes Dharma Husada Bandung di Sasana Budaya Ganesha (Sabuga), Jln. Tamansari, Kota Bandung, Rabu (11/9/2019).

Menurutnya upaya memenuhi aspek tri dharma perguruan tinggi, pihaknya terus mendorong para mahasiswa dan dosen untuk mampu membuat sebuah proyek hasil karya pengembangan penelitian, dengan memanfaatkan kemajuan dari teknologi, komunikasi, dan informasi.

Dikatakannya baik mahasiswa maupun civitas akademi, akan terus mengembangkan inovasi dan produk, yang mampu memberikan manfaat sesuai kebutuhan perkembangan zaman bagi masyarakat. Termasuk dalam hal upaya menurunkan penyebab kematian ibu dan anak.

"Kita terus melakukan berbagai terobosan dalam berbagai bidang, terutama terkait kebidanan dan keperawatan. Bahkan telah kita patenkan melalui HAKI (Hak Kekayaan Intelektual)," terangnya.

Ia yang juga merupakan Ketua Panitia Wisuda STIKes Dharma Husada Bandung, menerangkan bahwa sebanyak 589 lulusan dilantik pada kegiatan tersebut yang berasal dari beragam prodi. Diantaranya Terapan Kebidanan, Kesehatan Masyarakat, Keperawatan dan lain sebagainya.

"Untuk lulusan kita upayakan agar terserap dunia kerja, karena kita juga sudah melakukan MOU dengan sejumlah perusahaan dan rumah sakit," katanya.

Ketua STIKes Dharma Husada Bandung, Dr. Hj. Suryani Soepardan MM. berharap kepada para lulusan untuk dapat memberikan pengabdian kepada masyarakat, terutama dalam bidang kesehatan. Terlebih dengan kemajuan teknologi yang semakin berkembang, termasuk dalam bidang kesehatan.

"Kami berharap dapat membantu masyarakat, melalui berbagai terobosan dan inovasi yang telah dikembangkan lulusan kami dalam bidang kesehatan," tambahnya.

Editor: Endan Suhendra

Bagikan melalui:

KOMENTAR

BERITA LAINNYA