50 Perusahaan Ikuti Bursa Kerja Bandung Barat

Bandung Raya

Senin, 9 September 2019 | 18:03 WIB

190909180505-50-pe.jpg

Dicky Mawardi

SEBANYAK 40 sampai 50 perusahaan akan ikut serta dalam bursa kerja yang diselenggarakan Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kabupaten Bandung Barat selama dua hari, Selasa-Rabu (10-11/9). Kegiatan ini mengambil tempat di Gedung HBS Cimareme, Jalan Raya Cimareme, Kecamatan Ngamprah.

"Bursa kerja akan dibuka besok oleh pak Bupati Aa Umbara pukul 08.00 WIB. Disiapkan sekitar 6.300 lowongan kerja (loker) dari perusahaan yang bergerak diberbagai bidang usaha," kata Kepala Disnakertrans Kabupaten Bandung Barat Iing Solihin di Ngamprah, Senin (9/9/2019).

Iing mengatakan, kegiatan bursa kerja ini merupakan salah satu wujud nyata dari beberapa jenis kegiatan dalam rangka mengenteskan persoalan pengangguran di Kabupaten Bandung Barat. Sebagai implementasi visi misi Kabupaten Bandung Barat AKUR (aspiratif, kreatif, unggul dan religius).

"Dengan kegiatan bursa kerja ini dapat mengentaskan persoalan pengangguran agar masyarakat Kabupaten Bandung Barat hidup lebih layak dan sejahtera," ujarnya.

Dijelaskannya, bursa kerja memiliki tujuan mulia, khususnya bagi warga Kabupaten Bandung Barat yang belum bekerja dan tidak melanjutkan pendidikan ke jenjang lebih tinggi. Tapi memiliki niat dan semangat yang kuat untuk bekerja.

Lebih jauh diungkapkannya, upaya yang sudah dilakukan bupati dalam mengentaskan persoalan pengangguran antara lain disalurkan ke sektor industri sebanyak 3.257 orang, pencetakan wirausaha baru 4.711 orang dan melalui program pada karya 616 orang.

Melalui berbagai program yang digulirkan Disnakertrans Kabupaten Bandung Barat, selama empat tahun terakhir angka pengangguran terus menurun. Tahun 2016 angka pengangguran sebesar 10,2 persen dari jumlah angkatan kerja, tahun 2017 menurun jadi 9,33 persen, dan 2019 tinggal 7 persen.

"Kita menargetkan dalam tiga tahun ke depan, angka pengangguran di Bandung Barat sudah di bawah rata-rata nasional atau 5,01 persen," tukasnya.

Editor: Endan Suhendra

Bagikan melalui:

KOMENTAR

BERITA LAINNYA