Legislator Ini Mau Normalisasi Irigasi Secara Swadaya

Bandung Raya

Minggu, 8 September 2019 | 22:10 WIB

190908221356-legis.jpg

Engkos Kosasih

ANGGOTA DPRD Provinsi Jawa Barat H.M. Dadang Supriatna tinjau saluran irigasi sepanjang 4 km di Desa Ciheulang Kecamatan Ciparay Kabupaten Bandung, Minggu (8/9/2019). Saluran irigasi tersebut merupakan tanggung jawab Balai Besar Wilayah Sungai Citarum, yang mana kondisinya sangat parah terutama di existing.

"Dalam waktu dekat ini, kami berencana untuk melaksanakan normalisasi irigasi sepanjang 4 km tersebut," kata Dadang kepada galamedianews.com di Desa Tegalluar, Kecamatan Bojongsoang, Kabupaten Bandung.

Dadang menuturkan, setelah melakukan peninjauan langsung ke lapangan, kondisi fisik saluran irigasi itu sangat memprihatinkan karena kondisinya dangkal.
"Selain dangkal, banyak sampah yang terbawa hanyut aliran air," keluh Dadang.

Lebih memprihatinkan lagi, saluran irigasi itu banyak ditumbuhi semak belukar, sehingga berpotensi menghambat aliran air. Ditambah lagi, infrastruktur saluran irigasi itu sebagian sudah mengalami kerusakan.

"Mumpung masih musim kemarau, kita akan swadaya mekaksanakan normalisasi irigasi. Dengan harapan aliran air lancar, disaat memasuki musim hujan," kata legislator dari Fraksi Partai Golkar ini.

Untuk diketahui, lanjutnya, saluran irigasi yang melintasi perkampungan padat penduduk itu mengairi lahan pertanian di Desa Ciheulang hingga wilayah lainnya.

"Saluran irigasi itu sangat strategis karena merupakan sumber air untuk pengairan lahan pertanian yang mencapai ratusan hektare," katanya.

Dadang menuturkan, untuk pengerjaan normalisasi irigasi itu akan menggunakan alat berat back hoe. Kebetulan ada akses jalan untuk masuk alat berat saat melakukan pengerjaan normalisasi pengerukan endapan lumpur.

"Dalam pengerjaan normalisasi irigasi itu akan melibatkan swadaya masyarakat. Soalnya, kita tak bisa sendiri, selain membutuhkan peran serta masyarakat," ucapnya.

Dikatakannya, pemeliharaan saluran irigasi itu sudah lama belum tersentuh oleh program kerja pemerintah."Ini inisiatif saya, sebagai wakil rakyat berusaha untuk merespon apa yang menjadi aspirasi rakyat yang mengharapkan ada pengerjaan normalisasi irigasi," katanya.

Yang mendasari dirinya cepat merespon keinginan masyarakat itu, katanya, mengingat ia duduk di kursi dewan berasal dari pemilihan Kabupaten Bandung pada pileg April 2019 lalu.

"Ini sudah sewajarnya, saya mendengar harapan warga (normalisasi irigasi)," katanya.

Ia menuturkan, pengerjaan normalisasi tersebut sudah dilaksanakan di sejumlah aliran air yang menjadi sumber air pertanian. Di antaranya, pernah melakukan hal yang sama di Cileunyi, Rancaekek, Bojongsoang dan daerah lainnya.

"Pengerjaan normalisasi itu atas usulan dan aspirasi masyarakat," katanya.

Editor: Endan Suhendra

Bagikan melalui:

KOMENTAR

BERITA LAINNYA