Harga Turun, Pedagang Daging Ayam Mengeluh

Bandung Raya

Minggu, 8 September 2019 | 18:17 WIB

190908181949-harga.jpg

dok

SEJUMLAH pedagang di Kota Cimahi mengeluhkan harga daging ayam yang mengalami penurunan. Pasalnya, penurunan harga daging ayam tidak sejalan dengan kenaikan permintaan dari konsumen.

Sebelumnya, harga daging ayam bertahan di angka Rp 35 ribu/kg selama beberapa bulan terakhir ini. Sedangkan saat ini pedagang menjual daging ayam rata-rata dikisaran harga Rp 30 ribu sampai Rp 31 ribu/kg. Meski begitu, penurunan harga tidak mendongkrak pendapatan pedagang.

"Sekarang relatif sepi, enggak tahu kenapa. Biasanya kalau harga turun, pembelian meningkat," ujar pedagang daging ayam di Pasar Atas Baru, Enung (48), Minggu (8/9).

Ia mengungkapkan, saat ini pendapatannya cenderung menurun hingga 40 persen. Selain itu, stok ayam berlimpah di pasaran dan diperkirakan kondisi tersebut akan membuat harga semakin turun.

"Sekarang ini saya menyetok paling 50 ekor per hari, kadang tidak sampai habis. Biasanya sampai 80 ekor per hari," ungkapnya.

Seperti diketahui, harga ayam di tingkat peternak atau ayam hidup saat ini kembali mengalami penurunan harga, yang menyentuh Rp 8.000/kg. Kondisi itu diduga karena melimpahnya pasokan ayam.

Menurut Enung, anjloknya harga daging ayam di peternak mungkin juga berpengaruh terhadap harga ayam siap potong di pasar. "Mungkin karena sepi jadi ayam numpuk di kandang," katanya.

Diakui Enung, turunnya harga ayam di tingkat pengecer ini kemungkinan tidak akan bertahan lama. "Tapi biasanya ngga lama harga naik lagi," ucap Nunung.

Editor: Endan Suhendra

Bagikan melalui:

KOMENTAR

BERITA LAINNYA