Bazar Pangan Murah Diserbu Warga dan ASN Cimahi

Bandung Raya

Jumat, 6 September 2019 | 16:31 WIB

190906163138-bazar.jpg

Laksmi Sri Sundari

WARGA dan Aparatur Sipil Negara (ASN)  serbu Bazar Pangan Murah yang berlangsung di Selasar Gedung B Kompleks Pemkot Cimahi Jalan Demang Hardjakusumah, Jumat (6/9/2019).

Berbagai komoditas seperti sayuran, buah-buahan, sembako, bumbu dapur, makanan olahan dijual disini.  Diantaranya beras, bawang merah, bawang putih, minyak goreng, gula, bayam, pakchoy, bunga kol,  kangkung, jagung, pisang, jeruk, dan tomat.

Plt Kepala Seksi (Kasi) Distribusi dan Cadangan Pangan Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (Dispangtan) Kota Cimahi, Agus Kusnandar mengatakan, kegiatan Bazar Pangan Murah ini merupakan kegiatan rutin sebulan 2 kali.

"Kegiatan ini sudah berlangsung sejak bulan Januari 2019. Dilaksanakan sebulan 2 kali, setiap hari jumat minggu ke-1 dan ke-3," sebutnya.

Menurut Agus, komoditas yang di jual di Bazar Pangan Murah ini lebih murah dari harga di pasaran. "Untuk harga khususnya sembako dijual dibawah harga pasar, sedangkan sayuran harganya dibawah harga supermarket, karena sayurannya semi organik," katanya.

Dijelaskannya, tujuan dari Bazar Pangan Murah ini untuk memutus mata rantai distribusi. Panjangnya rantai distribusi pangan yang didalamnya melibatkan middleman atau makelar, menimbulkan perbedaan harga yang tinggi di tingkat petani dan pasaran. Akibatnya harga pangan mahal, tapi petani tidak bisa menikmatinya.

"Ada struktur pasar yang tidak efisien. Petani itu tidak banyak keuntungan karena dijual murah," katanya.




Editor: Dadang Setiawan

Bagikan melalui:

KOMENTAR

BERITA LAINNYA