Dibangun Dua Fly Over, Oded Megaku Senang

Bandung Raya

Selasa, 3 September 2019 | 17:09 WIB

190903171434-diban.jpg

M. Fadlillah

WALI Kota Bandung Oded M. Danial mengaku senang dengan pembangunan dua fly over yakni Jln. Jakarta-Jln. Supratman dan Jln. Laswi-Jln. Pelajar Pejuang tahun ini. Ia mengaku Kota Bandung membutuhkan sedikitnya 7 jembatan layang.

"APBD Kota Bandung enggak akan mampu kalau bangun yang besar-besar, terima kasih Pak Gubernur yang sudah membantu," ujar Oded pada peletakan batu pertama pembangunan fly over yakni Jln. Jakarta-Jln. Supratman dan Jln. Laswi-Jln. Pelajar Pejuang, di Jln. Jakarta, Selasa (3/9).

Diharapkannya, keberadaan dua fly over ini bisa membantu mengurangi kemacetan di Kota Bnadung, terutama di dua jalur tersebut. Selain dua titik tersebut, Oded pun meminta bantuan pada provinsi untuk fly over di titik lainnya seperti Jln. Kopo-Jln. Soekarno-Hatta dan Andir.

"Saya kira lebih dari tujuh (kebutuhan fly over, red). Mudah-mudahan di masa kepemimpinan Mang Oded dengan bantuan Pak Gubernur bisa terus dibangun," ungkapnya.

Dua fly over tersebut, kata Oded, dibangun lebih dulu karena DED keduanya sudah beres. "Mudah-mudahan Pemkot Bandung dan Pemprov Jabar memberikan hal terbaik dan manfaat bagi warga Kota Bandung," tandasnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Perhubungan Kota Bandung, Ricky Gustiadi mengatakan kondisi Jalan Jakarta dan Laswi cukup padat dan jenuh, terutama pada siang dan sore hari. Pengendalian dengan menggunakan traffick light sudah tidak mampu, sehingga membutuhkan fly over.

"Kondisi jalannya sudah padat, titik persimpangan sudah jenuh memang perlu fly over," tandasnya. 
Kemacetan, ungkap Ricky, kemungkinan besar terjadi saat pembangunan fly over dilakukan. Karena itulah, akan dilakukan rekayasa jalan di sekitar jalan Jakarta dan Jln. Laswi. Pihaknya akan berkoordinasi dengan pihak kepolisian.

"Ini nanti akan dibahas dalam Forum LLAJ, akan kita bicarakan dengan Kasatlantas bagaimana Jalan Sukabumi, Bogor, Cianjur dan sekitarnya untuk lakukan rekayasa jalan," tandasnya.

Rapat dengan Forum LLAJ, lanjutnya, akan dilakukan pekan depan. Untuk pembangunan fly over sendiri baru dimulai Oktober mendatang, dan bulan ini baru pengerasan tanah.

"Dalam satu bulan ini kita lakukan ploting petugas dulu," tandasnya.

Editor: Kiki Kurnia

Bagikan melalui:

KOMENTAR

BERITA LAINNYA