Ibu Kota Jawa Barat Direncanakan Pindah, Ini Kata Mang Oded

Bandung Raya

Kamis, 29 Agustus 2019 | 17:30 WIB

190829165502-ibu-k.jpg

net

WALI Kota Bandung Oded M. Danial berharap rencana pemindahan ibu kota pemerintahan Jawa Barat sudah melalui kajian yang komprhensif. Hal itu diungkapkan Oded  menanggapi wacana pemindahan ibu kota pemerintahan Jawa Barat yang saat ini berada di Kota Bandung.

Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil menyatakan ada tiga kawasan yang menjadi alternatif, yakni Tegalluar, Walini, atau Rebana. Namun ia pun menyebut masih membuka opsi wilayah lain.

"Setiap mengajukan program harus ada kajian yang komprehensif dulu, dari berbagai aspek dikaji. Saya harap eksekutif dalam hal ini Pemprov Jabar dan legilstif atau DPRD Jabar betul-betul buat kajian, apa positif negatifnya segala macam, kalau  sudah ada kajian, insyallah yang terbaik," jelas Oded, Kamis (29/8/2019).
Ditanya apakah Bandung masih layak menjadi ibu kota pemerintahan Jawa Barat, Oded tak menjawabnya secara gamblang. Menurutnya, kajian yang dilakukan nantinya akan menunjukkan daerah mana yang layak dijadikan ibu kota.

"Begini yang disebut kajian didalamnya termasuk ada komparasi soal pemindahan apakah ke Walini atau tempat lain. Nanti hasil kajiannya dikomparasikan  dengan Bandung. Kalau hasil kajiannya, kemana pun kita dukung aja, asalkan hasil kajian," tegasnya.

Wacana pemindahan ibu kota pemerintah Jabar, kata Oded, sudah lama muncul. Saat Pemprov Jabar dipimpin Ahmad Heryawan, wacana ini pun sudah ada.  "Oleh karena itu prinsipnya harus ada kajian," ungkapnya

Apalagi, lanjut Oded, dari pernyataan yang dilontarkan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil bahwa mereka menyiapkan ruang untuk pembahasan telebih dahulu. "Lakukan dulu kajian yang komprehensif dan maksimal. Jangan sampai melakukan sesuatu tanpa kajian nanti menyesal," ungkapnya.

Editor: Dadang Setiawan

Bagikan melalui:

KOMENTAR

BERITA LAINNYA