BK PON Hoki Indoor

Tim Hoki Putri Jabar Menang Tipis Atas Jawa Tengah

Bandung Raya

Senin, 26 Agustus 2019 | 17:12 WIB

190826170439-tim-h.jpg

R. Ris Imantoro

Pemain Jabar Nuraini Sugiarti (nomor 10) berhadapan dengan penjaga gawang Jawa tengah, pada Babak Kualifikasi (BK) Pekan Olahraga Nasional (PON) cabang olahraga Hoki Indoor, di Venue Tenis Meja Jatinangor, Senin (26/8/2019).

TIM hoki putri Jawa Barat berhasil meraih kemenangan tipis atas tim kuat Jawa Tengah, 2-1, pada hari pertama Babak Kualifikasi (BK) Pekan Olahraga Nasional (PON) cabang olahraga Hoki Indoor, yang berlangsung di Venue Tenis Meja Jatinangor, Senin (26/8/2019).

Gol kemenangan Jawa Barat sendiri dihasilkan Nuraini Sugiarti dimenit 23 melalui penalty corner dan gol penentuan dihasilkan Mira Sandrawaty dimenit 32, sedangkan satu-satunya gol Jawa Tengah dihasilkan Zulita Dwi Aprilia menit 6.

Kemenangan yang diraih Jabar atas Jateng ini merupakan balasan pada pertemuan terakhirnya di ajang Kejurnas, dimana saat itu Jabar harus mengakui keunggulan dari Jateng.

"Waktu Kejurnas kita kalah dari Jateng dan tadi juga kita sempat ketinggalan dari Jateng, anak-anak sepertinya belum terbiasa dan beberapa menit kemudian mereka sudah etrbiasa dan akhirnya bisa meraih kemenangan," ungkap pelatih putri Jabar, Chandra Irawan.

Chandra juga mengaku cukup puas dengan penampilan anak asuhannya, yang mampu mengikuti intruksi pelatih sehingga bisa meraih kemenangan.

"Walaupun kita meraih kemenangan, tapi tetap ada catatan kekurangan khususnya individu masing-masing dalam hal kapan maju ke depan. Tapi itu masih bisa diperbaiki sedikit-sedikit," jelasnya.

Mengenai pertandingan selanjutnya melawan Kalimantan Barat, Chandra tetap optimis anak asuhannya bisa meraih kemenangan keduanya. "Insya allah dalam pertandingan selanjutnya bisa meraih kemenangan, karena Jateng merupakan lawan yang terberat di grup ini, jadi kedepannya kita tinggal memantapkan anak-anak," tegasnya.

13 Provinsi

Sebanyak 13 provinsi mengikuti babak kualifikasi PON XX cabang olahraga hoki indoor yang digelar di GOR Tenis Meja ITB, Jatinangor, Kabupaten Sumedang, selama 7 hari mulai Senin s.d Minggu (26/8-1/9). Ke-13 provinsi akan berebut tiket 8 besar babak kualifikasi PON XX untuk bisa berlaga di Papua pada September 2020 mendatang.

Ketua Panitia, Salman bin Said Saleh Emberik menuturkan, 13 provinsi yang ikut serta terbagi di 12 tim di kelompok putra dan 11 tim di kelompok putri. Dari setiap kelompok usia, dibagi dalam dua pool.

Untuk kelompok putra, pool A dihuni DKI Jakarta, Jatim, DI Yogyakarta, Papua Barat, Bengkulu, dan Sumatera Barat. Di pool B, dihuni Banten, Kalimantan Timur, Jawa Tengah, Lampung, Kalimantan Barat, dan tuan rumah Jawa Barat.

Sementara di pool A putri, diisi tim dari DKI Jakarta, Jawa Timur, Papua Barat, Sumatera Utara, dan Bengkulu. Sedangkan pool B putri ditempati Jawa Tengah, DI Yogyakarta, Banten, Kalimantan Barat, Sulawesi Selatan, dan tuan rumah Jawa Barat.

"Untuk babak penyisihan pool, menggunakan sistem setengah kompetisi dimana masing-masing tim akan bertemu satu kali. Dari setiap pool, akan diambil dua besar yang akan disilang di babak semifinal. Selain itu, akan juga dipertandingkan laga untuk penentuan peringkat tim untuk masing-masih kategori," ujar Salman saat ditemui di sela-sela pertandingan, Senin (26/8/2019).

Untuk kelolosan menuju PON XX, lanjutnya, akan diambil tim yang menempati peringkat 7 besar di setiap kategori. Dengan demikian, pada PON XX cabang olahraga hoki indoor akan diikuti oleh 8 tim termasuk tuan rumah Papua yang lolos langsung tanpa melewati babak kualifikasi.

"Jadi untuk tim yang berlaga di PON XX, selain tuan rumah Papua, ditambah tim dengan peringkat 7 besar di babak kualifikasi berdasarkan hasil rakernas FHI. Kita masih usulkan ini ke PB PON XX," pungkasnya.



Editor: Dadang Setiawan

Bagikan melalui:

KOMENTAR

BERITA LAINNYA