Polda Jabar Ungkap Dugaan Penggelapan Motor ke Luar Negeri

Bandung Raya

Minggu, 25 Agustus 2019 | 18:27 WIB

190825182820-polda.jpg

Remy Suryadie

DIREKTORAT Reserse dan Kriminal Umum (Ditrrskrimum) Polda  Jabar berhasil mengungkap dan menangkap  4 pelaku penggelapan sepeda motor. Bahkan rencananya  ratusan kendaraan roda dua tersebut akan dikirim ke luar negeri.

Selain mengamankan keempat pelaku yang tercatat warga Kabupaten Garut, berinisial AR (37), YM (44), RD (40) dan HR (39). Polisi pun menyita 125 sepeda motor Honda dengan berbagai jenis hasil kejahatan para tersangka. Kini penyidik Ditreskrimum memburu telah menetapkan status daftar pencarian orang (DPO) terhadap tersangka MD.

Direktur Reserse Kriminal Umum Polda Jabar Kombes Iksanto Bagus didampingi Kabid Humas Kombes pol Trunoyudho Wisnu Andiko kepada wartawan,  Minggu (25/8/2019), menjelaskan, modus kejahatan penggelapan kendaraan yang dilakukan para tersangka melakukan penipuan terhadap sejumlah leasing untuk mendapatkan sepeda motor baru dengan cara dicicil.

Para pelaku, lanjutnya, melakukan penggelapan dengan cara menggunakan dokumen KTP orang lain. Tersangka YM, RD dan HR mengajukan motor baru ke leasing dengan cara dicicil. Dan setelah pengajuan di setujui pihak leasing, 3 tersangka pun mendapatkan sepeda motor . Namun oleh para tersangka motor tersebut ke tersangka AR.

"Para tersangka menggunakan cara kejahatan aplikasi," jelas Bagus.

Tersangka AR, lanjutnya, menjual lagi ratusan motor tersebut ke MD yang berada di Jakarta secara putus dengan harga Rp 22 juta. Motor tersebut kemudian disimpan di gudang Jakarta untuk kemudian diekspor ke luar negeri seperti Afrika Selatan dan Vietnam.

"Jadi setelah membeli, membayar DP, motornya diambil kemudian dikirim ke Jakarta, dimasukkan ke gudang di Jakarta. Ini termasuk kejahatan aplikasi, seolah-olah motor yang sudah di DP hilang,  ada laporan juga kreditnya macet," katanya.

Lebih lanjut Bagus mengatakan, komplotan AR sudah beraksi selama 3 bulan ke belakang.  "Kita berhasil memgamankan 125 motor yang akan dikirim ke Jakarta. Ratusan motor itu, kita amankan di salah satu gudang di Garut. Dan dari hasil pemeriksaan sudah ada 203 motor baru yang sudah dikirimkan ke luar negeri," jelasnya.

Editor: Dadang Setiawan

Bagikan melalui:

KOMENTAR

BERITA LAINNYA