Hari Ini Hindari Kawasan Gasibu dan Gedung Sate, Ada Demo Ribuan Buruh

Bandung Raya

Kamis, 22 Agustus 2019 | 08:14 WIB

190822081908-hari-.jpg

KAWASAN Gedung Sate dan DPRD Jabar di Jln. Diponegoro Bandung pada hari ini, Kamis (22/8/2019) akan dipenuhi oleh ribuan buruh yang berdemontrasi. Diperkirakan akan ada 1.500 buruh yang akan menyampaikan aspirasinya pada Pemprov Jabar dan DPRD Jabar.

KAPOLSEK Bandung Wetan, Kompol R Budi Triyono menyebutkan, massa yang datang berasal dari seluruh daerah di Jawa Barat yang tergaung dalam Aliansi Buruh se-Jawa Barat. Rencananya kegiatan tersebut akan berlangsung sejak pukul 09.00-15.00 WIB. Saat massa mulai memadati kantor pemerintahan, lanjut Budi, kepolisian baru akan melakukan rekayasa lalu lintas.

"Rencana pukul 9 pagi. dari Elemen buruh yang ada di Jawa barat seperti Kasbi 92, KSBI kemudian FSPMI dan yang lainnya. Ada beberapa elemen sehingga estimasinya ada 1.500-an. Kemungkinan untuk jalan Diponegoro depan gedung sate akan di tutup setelah masa buruh datang," paparnya seperti dikutip dari Radio PRFM 107,5 News Channel, Rabu (21/8/2019).

Menurut Budi, terdapat setidaknya 3 titik kumpul massa yang hendak menuju Gedung Sate. Di antaranya, Cibiru, Kopo-Bojongsoang dan Cimindi-Gunung Batu.

"Untuk titik kumpul dari timur itu di Cibiru kemudian di daerah Soreang melewati Kopo dan Bojongsoang kemudian dari barat lewati Cimindi dan Gunung Batu masuk ke fly over Pasoepati. Titik kumpul semuanya di monumen perjuangan dari Monumen Perjuangan bergerak ke Gedung Sate," kata Budi.

Dalam tuntutannya Aliansi Buruh se-Jawa Barat itu menolak revisi Undang-Undang Ketenagakerjaan khususnya pasal 156 yang berisikan tentang kesejahteraan buruh.

Untuk diketahui, jajaran kepolisan dibantu TNi akan menurunkan sekira 900 personel yang siap mengamankan jalannya aksi demonstrasi. Selain itu, Polrestabes Bandung pun telah merencanakan pengawalan bagi massa buruh yang akan menuju Monumen Perjuangan.

"Kita gabungan di backup dari Polda dan Brimob serta dari jajaran TNI berjumlah kurang lebih 900 personel. Jajaran polrestabes juga sudah merencanakan pengawalan bagi massa buruh yang akan menuju monumen perjuangan akan dilakukan pengawalan sehingga aksi ini berjalan dengan tertib," jelasnya.

Editor: Kiki Kurnia

Bagikan melalui:

KOMENTAR

BERITA LAINNYA