Awal Musim Hujan di Jabar Diprediksi Mundur Hingga November

Bandung Raya

Rabu, 21 Agustus 2019 | 20:35 WIB

190821202140-awal-.jpg

BADAN Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprediksi awal musim hujan untuk wilayah Jawa Barat bakal mundur hingga November mendatang. Hal tersebut terjadi karena suhu laut di wilayah Pulau Jawa terpantau masih menurun tajam hingga suhu terendah 1 derajat celcius.

Padahal, pantauan BMKG pada beberapa tahun belakangan menunjukan musim hujan seharusnya mulai mengguyur wilayah Jawa Barat sejak Oktober.

"Penurunan suhu laut ini berpengaruh kepada pengurangan jumlah uap air atau awan hujan di sekitar pulau Jawa, terutama Jawa Barat. Jadi kita baru akan memasuki musim hujan pada awal atau pertengahan November," urai Kepala BMKG Bandung Tony Agus Wijaya saat On Air di Radio PRFM 107,5 News Channel, Rabu (21/8/2019).

Namun demikian, tidak semua wilayah di Jawa Barat akan mengalami situasi tanpa hujan sepanjang Agustus sampai November.

Menurut pantauan BMKG Bandung, kata Tony, Pantai Utara Jawa Barat merupakan wilayah yang diprediksi tak mendapat guyuran hujan hingga 60 hari.

"Dari pantauan kami, jumlah hari berturut-turut tanpa terjadi hujan sama sekali yang paling panjang ada di sekitar Pantaui Utara Jawa Barat. Jadi sepanjang Cirebon, Karawang, dan beberapa wilayah sekitar dari 60 hari tidak terjadi hujan secara berturut-turut," ucapnya.


Editor: Dadang Setiawan

Bagikan melalui:

KOMENTAR

BERITA LAINNYA