Paguyuban Pasundan Kerjasama dengan ICSB

Bandung Raya

Rabu, 21 Agustus 2019 | 16:32 WIB

190821163527-paguy.jpg

Rio Ryzki Batee

Presiden ICSB, Ahmed Osman menerima cinderamata angklung dari Paguyuban Pasundan di Kantor PB Paguyuban Pasundan, Jln. Sumatera, Kota Bandung, Rabu (21/8).

PERKEMBANGAN ekonomi di negara-negara berkembang dinilai masih membutuhkan dukungan dari berbagai pihak, terutama untuk Usaha Kecil dan Menengah (UKM). Mengingat peran UKM sangat besar dalam mendorong roda perekonomian di Indonesia, termasuk Jawa Barat.

Ketua Umum Pengurus Besar Paguyuban Pasundan, Didi Turmudzi mengatakan bahwa pihaknya melakukan kerjasama dengan International Council for Small Business (ICSB), dalam rangka memerangi kemiskinan dan kebodohan ditengah masyarakat.

"Kerjasama dalam bidang ekonomi ini, selaras dengan misi Paguyuban Pasundan untuk membangun masyarakat Indonesia lebih maju kedepannya. Juga upaya memberikan kontribusi yang lebih luas," ungkapnya usai menerima kunjungan ICSB di Kantor PB Paguyuban Pasundan, Jln. Sumatera, Kota Bandung, Rabu (21/8).

Menurutnya dengan pertemuan tersebut, maka diupayakan terbangunnya networking atau jaringan, sehingga dapat bekerja sama dalam pembinaan UKM.

Dikatakannya pembinaan dalam sektor usaha kecil menengah ini, akan membawa ekonomi semakin maju. Ia mencontohkan seperti di Republik Fuji, dimana terdapat Pengolahan singkong menjadi tepung terigu yang kemudian di ekspor hingga ke Australia.

"Paguyuban Pasundan ingin berperan dalam memajukan perekonomian di Indonesia. Saat ini kami sudah membina sekitar 1400 UKM yang ada di berbagai pulau baik Jawa, Sumatera, Sulawesi, NTB hingga Papua," tuturnya.

Lebih jauh, pihaknya juga telah bekerjasama dengan kementerian koperasi internasional dalam mengkonsultasikan terkait bisnis. Sehingga hal ini, dapat menjadi bagian kerjasama lembaga, bukan hanya di Indonesia tapi juga berbagai negara muslim lainnya.

"Paguyuban Pasundan kini tengah fokus membangun partnership lewat organisasi, dan bersama-sama ingin memgembangkan perekonomian negara dunia ketiga. Termasuk menfasilitasi lembaga penjaminan mutu dan lembaga penyalur dana, yang sudah menggulirkan triliyunan rupiah," jelasnya.

Pada kesempatan yang sama, Presiden ICSB, Ahmed Osman menuturkan bahwa kunjungannya ke Paguyuban Pasundan merupakan yang pertama kalin dan pihaknya mengapresiasi kerjasama bidang perekonomian yang akan dilakukan bersama Paguyuban Pasundan.

"Kami berharap kerjasama yang akan dijalankan akan berjalan dengan lancar dan sukses. Apalagi kami melihat Jawa Barat merupakan tempat yang indah dan memiliki potensi," tambahnya.

Editor: Endan Suhendra

Bagikan melalui:

KOMENTAR

BERITA LAINNYA