Segera Dimulai, Pembangunan Pasar Cihaurgeulis Tuntas Akhir Tahun Ini

Bandung Raya

Rabu, 21 Agustus 2019 | 13:56 WIB

190821135858-seger.jpg

dok

PEMERINTAH Kota Bandung melalui PD Pasar Bermartabat menyebut Pasar Cihaurgeulis saat ini sudah melewati tahapan perizinan untuk merevitalisasi pasar. Dijadwalkan proses perbaikan tersebut membutuhkan waktu 4 bulan pengerjaan.

Sebelumnya, pengajuan perizinan Pasar Cihaurgeulis ini sudah dilakukan sejak Juni 2018. Namun karena adanya perbincangan yang cukup alot dengan Tim Ahli Bangunan Gedung (TABG) sehingga baru terlaksana mulai bulan ini.

Pjs Direktur Utama PD Pasar Bermartabat Kota Bandung, Lusi Lesminingwati mengatakan pada minggu ini pasar yang terletak di dekat Masjid Pusdai tersebut akan dilakukan PDA test atau tes kelayakan pondasi. Sehingga pada minggu depan proses revitalisasi mulai berjalan.

"Mudah-mudahan mulai minggu depan sudah mulai berjalan dimana waktu pembangunan itu membutuhkan waktu 4 bulan karena kemarin saya sudah bertemu dengan kontraktor, konsultan perencana dan konsultan pengawas," kata Lusi saat on air di Radio PRFM 107,5 News Channel, Rabu (21/8/2019).

Rencananya bangunan dengan luas kurang lebih 5.700 meter persegi itu akan memiliki konsep seperti mal atau pasar modern lainnya. Daya tampung di Pasar Cihaurgeulis saat ini mencapai 540 ruang dagang dan diisi oleh 380 pedagang.

"Mungkin kita cari konsep. Kami menginginkan pasar Cihaurgeulis pasar tradisional tapi juga memiliki konsep memiliki mall. Jadi mungkin nanti ada aktivasi untuk pasar ini," katanya.

Lusi mengatakan, pedagang nantinya akan dibagi berdasarkan jenis dagangannya. Sehingga setiap lantai memiliki zona dagang masing-masing.

"Basically ada 4,5 lantai jumlah lantainya di lantai dasar disitu kuliner dan pedagang existing yang kering. Lantai satu pedagang basah, lantai dua pedagang kering lantai 3 kan disana juga ada pedagang kaos dan mungkin juga PKL yang di luar yang selalu jadi isu di Pasar Cihaurgeulis ini," ujarnya.

Selain itu, akses menuju Pasar Cihaurgeulis pun akan diperbaiki. Lusi menyebut pasar ini pun akan memiliki fasilitas yang cukup lengkap, baik itu ruang kesehatan hingga toilet untuk penyandang disabilitas.

"Mushola, ruang kesehatan, toilet yang untuk toilet difabel kita provide semuanya sampai dengan area ruang terbuka hijau di depan pun sebetulnya nanti Pasar Cihaurgeulis akan jadi geulis," paparnya.

Editor: Brilliant Awal

Bagikan melalui:

KOMENTAR

BERITA LAINNYA