Tingkat Konsumsi Ikan di Kota Cimahi Belum Ideal

Bandung Raya

Selasa, 20 Agustus 2019 | 17:37 WIB

190820173844-tingk.jpg

Laksmi Sri Sundari

TINGKAT konsumsi ikan masyarakat Kota Cimahi diketahui masih belum ideal, yakni 13 kg/kapita/tahun, padahal idealnya 40 kg/kapita/tahun. Untuk itu Pemkot Cimahi membentuk Forum Peningkatan Konsumsi Ikan (Forikan) guna membantu mensosialisasikan gemar makan ikan, terutama terhadap anak usia sekolah dasar.

Pembentukan Forikan juga merupakan salah satu wujud dukungan terhadap pelaksanaan program nasional Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan (Gemarikan).

"Budaya makan ikan harus ditingkatkan. Mengapa ada Forikan, menurut kami ada satu gerakan mengedukasi masyarakat, mensosialisasikan kepada masyrakat bagaiamana pentingnya budaya makan ikan," ujar Ajay disela kegiatan Sosialisasi dan Promosi Gemarikan serta Pemberian Makanan Tambahan Olahan Ikan pada anak SD di selasar gedung B Pemkot Cimahi, Jalan Demang Hardjakusumah, Selasa (20/8).

Acara dihadiri 500 siswa SD dari 20 SD se-Kota Cimahi, diisi dengan kegiatan mendongeng, penampilan tarian perwakilan siswa, serta makan olahan ikan berupa pudding dengan kandungan ikan patin.

Dijelaskan Ajay, pentingnya budaya makan ikan khususnya untuk anak sekolah dasar, karena itu menjadi potensi yang baik dalam meningkatkan kesehatan dan membentuk kecerdasan.

"Seperti diketahui ikan itu 'kan mengandung omega 3, lebih kepada perkembangan otak itu yang kita harapkan karena di cimahi SDM (Sumber Daya Manusia) banyak, dan usia anak-anak pas untuk mengkonsumsi ikan buat masa depannya," tuturnya.

Diakui Ajay, tingkat konsumsi ikan cimahi sudah cukup baik, namun belum ideal. "Masih 13 kg/kapita/tahun, idealnya 40 kg/kapita/tahun. Untuk itu kita tingkatkan terus dengan dibantu Forikan," sebutnya

Menurut Ajay, penyebab belum idealnya tingkat konsumsi ikan masyrakat di wilayahnya karena faktor ekonomi.

"Kebanyakan ikan impor semua, tapi ikan lokal juga bagus, kita kan ikannya dari daerah Subang, dan Purwakarta. Saat sidak ke pasar sebenarnya daya jual ikan cukup baik, artinya konsumsi ikannya juga cukup baik. Tapi dari data Dispangtan masih belum ideal, untuk itu akan kita tingkatkan," imbuhnya.

Editor: Endan Suhendra

Bagikan melalui:

KOMENTAR

BERITA LAINNYA