Yana Imbau SKPD Ajukan Jaminan Perlindungan Kerja

Bandung Raya

Senin, 19 Agustus 2019 | 18:35 WIB

190819182610-yana-.jpg

Plh Wali Kota Bandung, Yana Mulyana menerima santunan PT Taspen atas kecelakaan kerja pegawai DPU di Balai Kota Bandung, Jln. Wastukancana, Kota Bandung, Senin (19/8/2019).

Plh. Wali Kota Bandung, Yana Mulyana mengimbau semua satuan kerja perangkat daerah (SKPD) untuk mengajukan jaminan perlindungan kerja bagi para pegawainya, terutama untuk non ASN.

Menurutnya, jaminan tersebut amat penting, terlebih bagi dinas teknis dengan risiko kerja tinggi, seperti Dinas Pekerjaan Umum (DPU) serta Dinas Kebakaran dan Penanggulangan Bencana (Diskar PB).

Jaminan tersebut berfungsi untuk memberikan perlindungan jika terjadi kecelakaan kerja pada pegawai, seperti yang menimpa Laswin, pegawai DPU Kota Bandung. Ia baru saja menerima santunan dari PT. Taspen sebesar Rp 155.904.100 atas kecelakaan kerja yang menimpanya.

Sementara itu, saat ini ada 3 instansi yang telah memberikan perlindungan kerja bagi karyawannya, yaitu DPU, Diskar PB, dan Dinas Tata Ruang (Distaru).

"Saya mengimbau tentunya setiap dinas, tidak saja yang pekerjaannya mengandung resiko, bisa terjadi dimana saja," ungkapnya di Balai Kota Bandung, Jln. Wastukancana, Kota Bandung, Senin (19/8/2019).

Ia berharap, instansi lainnya juga bisa melakukan langkah serupa untuk melindungi para pegawainya. Dalam rangka melindungi segala risiko yang terjadi, termasuk dalam pekerjaan.

Lebih jauh, pihaknya ingin memastikan semua pegawai yang telah berdedikasi untuk Kota Bandung juga mendapatkan perlindungan. Hal itu merupakan bentuk perhatian sekaligus perlindungan Pemkot Bandung kepada para pegawai.

"Saya pikir ini baik, manfaatnya insyaallah dirasakan sehingga para karyawan pemerintah kota meskipun harus berhati-hati tetap mendapat perlindungan," ujarnya.

Yana berkaca pada peristiwa yang pernah terjadi pada petugas Diskar PB yang gugur dalam tugas. Para pahlawan yang masih berusia muda itu harus meninggalkan istri dan anak yang masih kecil. Sehingga jangan sampai hal serupa terulang tanpa disertai pembelajaran.

"Saat bertugas memang kita perlu berhati-hati. Kalaupun ternyata terjadi risiko, insyaallah itu semua tercover oleh kerja sama yang terjalin antara Pemerintah Kota Bandung dengan PT Taspen," tambahnya.

Editor: Dadang Setiawan

Bagikan melalui:

KOMENTAR

BERITA LAINNYA