Kerawanan Pilkades Serentak di Kabupaten Bandung Dipetakan

Bandung Raya

Senin, 19 Agustus 2019 | 16:00 WIB

190819160059-keraw.jpg

POLRES Bandung, Pemkab Bandung dan Kodim 0609/Kabupaten Bandung, tengah memetakan potensi kerawanan konflik menjelang pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak di Kabupaten Bandung, yang akan digelar di 199 Desa dari 260 Desa pada 26 Oktober 2019 mendatang.

"Kami bersama Pemda dan TNI sedang memetakan potensi kerawanan di 199 TPS dan Desa yang akan menggelar Pilkades serentak. Mana saja yang perlu dilakukan penebalan personil untuk pengamanan," ujar Kapolres Bandung, AKBP Indra Hermawan di Mapolres Bandung, Jln. Bhayangkara, Soreang, Kab. Bandung, Senin (19/8/2019).

Disinggung mengenai jumlah personil yang nantinya akan diturunkan pada Pilkades serentak, kata Indra, pihaknya belum bisa menyebutkan secara rinci karena berkaitan dengan anggaran.

"Saat ini kami masih menyusun, nanti setelah ada akan disesuaikan dengan anggaran. Kami harap pelaksanaan Pilkades tahun ini bisa berjalan dengan lancar dan aman," katanya.

Dirinya menamabahkan, bersama Pemda dan Kodim, sosialiasi terkait pelaksanaan Pilkades pun sedang dilakukan. Baik itu sosialiasi terkait regulasi, Perda dan Perbup kepada panitia dan pengawas.

"Tahapan saat ini, yaitu verifikasi terhadap pendaftaran bakal calon. Sedang dilakukan panitia. Kemudian apabila nanti ada satu desa pendaftarnya lebih dari 5 bakal calon, akan dilakukan tes tertulis oleh perguruan tinggi yang ditunjuk," ujarnya.

Editor: Endan Suhendra

Bagikan melalui:

KOMENTAR

BERITA LAINNYA