33.000 Anak di Kota Cimahi jadi Sasaran Pemberian Vitamin A

Bandung Raya

Senin, 19 Agustus 2019 | 14:05 WIB

190819140249-33-00.jpg

Laksmi Sri Sundari

SEBANYAK 33.000 anak di Kota Cimahi menjadi sasaran pemberian vitamin A yang dilakukan secara serentak di 15 kelurahan yang ada di Kota Cimahi, Senin (19/8/2019).

Jika tidak hadir pada hari yang ditentukan, Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Cimahi akan menurunkan kader Posyandu untuk melakukan sweeping ke rumah-rumah warga.

Pada Gebyar Pemberian Vitamin A dan Bulan Penimbangan Balita (BPB) yang berlangsung di RT 06/RW 09 Kelurahan Pasirkaliki kecamatan Cimahi Utara dihadiri langsung Wali Kota Cimahi, Ajay M. Priatna.

"Saya ucapkan terima kasih kepada para warga yang hari ini telah hadir membawa serta seluruh balita-nya untuk ikut diperiksa, ditimbang dan sekalian mendapatkan asupan suplemen vitamin A
gratis," ucap Ajay.

Menurut Ajay, pemenuhan hak-hak manusia diantaranya adalah perbaikan kesehatan anak, dimana kesehatan merupakan investasi sumber daya manusia, serta memiliki kontribusi yang besar untuk meningkatkan indeks pembangunan manusia.

"Oleh karena itu, menjadi suatu keharusan bagi semua pihak untuk memelihara, meningkatkan dan melindungi kesehatan demi kesejahteraan seluruh masyarakat," terangnya.

Dijelaskan Ajay, pemberian tablet vitamin A merupakan upaya pencegahan dan mengatasi masalah gangguan kekurangan vitamin A.

"Perlu diketahui bahwa vitamin A merupakan zat gizi yang penting bagi manusia, karena zat ini tidak dapat dibuat oleh tubuh, sehingga harus dipenuhi dari luar," katanya.

Sekretaris Dinkes Kota Cimahi, Chanifah Listyarini menambahkan, sasaran pemberian Vitamin A di wilayahnya kurang lebih 33.000 anak usia 6 bulan sampai 59 bulan.

"Serentak dilaksanakan hari ini, dan hari-hari berikutnya adalah sweeping. Targetnya adalah 100 % balita di Kota Cimahi ditimbang dan diberikan kapsul vitamin A," kata Rini sapaan akrab Chanifah Listyarini.

Untuk sweeping pihaknya akan menurunkan petugas dari puskesmas dan kader posyandu yang tersebar di 402 posyandu di Kota Cimahi

Lebih jauh dikatakan Rini, bulan pemberian kapsul vitamin A bagi balita ini rutin dilaksanakan 2 kali setiap tahun, yaitu pada bulan februari dan agustus.

"Manfaatnya untuk menjaga kekurangan vitamin A, khususnya untuk menjaga kesehatan mata, dan untuk meningkatkan daya tahan tubuh," terangnya.

Editor: Kiki Kurnia

Bagikan melalui:

KOMENTAR

BERITA LAINNYA