500 ASN di Pemkab Bandung Barat Memasuki Masa Pensiun

Bandung Raya

Kamis, 15 Agustus 2019 | 15:57 WIB

190815155821-500-a.jpg

Dicky Mawardi

SEBANYAK 500 pegawai negeri sipil (PNS) di lingkungan Pemkab Bandung Barat memasuki masa pensiun, tahun ini. Mereka yang memasuki masa pensiun tersebut terdiri dari pejabat eselon 2 sampai fungsional seperti tenaga pendidik.

Berdasarkan data yang dimiliki galamedianews.com ada empat pejabat eselon 2 yang tahun ini memasuki masa pensiun, yaitu Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah Euis Suryati, Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Wahyu Diguna, Asisten Pemerintahan Aseng Djunaedi, dan Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Ida Nurhamida.

Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kabupaten Bandung Barat Asep Ilyas mengatakan, PNS yang pensiun tahun ini sebagian besar dari tenaga pendidik. Mereka banyak yang masa pensiunnya bersamaan karena pada saat diangkat sebagai PNS juga bersamaan.

"Tentunya ada gejala ketidaknyamanan para PNS yang akan memasuki usia pensiun. Seringkali menyebabkan problem serius baik fisik maupun.psikis sehingga banyak dari para calon purmabhakti yang diliputi kecemasan ketika masa pensiun tiba," kata Asep Ilyas di sela acara Pelatihan Masa Persiapan Pensiun di Lingkungan Pemkab Bandung Barat TA 2019 di Topas Galleria Hotel, Bandung. Kamis (15/8).

Bertolak dari kondisi tersebut, lanjut Asep Ilyas, BKPSDM Kabupaten Bandung Barat memandang perlu menyelenggarakan pelatihan masa persiapan pensiun bagi PNS yang akan pensiun. Kegiatan ini diikuti 120 PNS yang akan memasuki pensiun tahun 2019.

"Tujuan dari kegiatan ini memberikan pelatihan kepada peserta untuk mempersiapkan diri dalam menghadapi masa pensiun agar terhindar dari dampak-dampak yang dapat berakibat, baik secara psikologi maupun psikis. Sehingga diharapkan dapat menjalani masa purna tugas dengan penuh percaya diri dan bahagia," paparnya.

Selain itu, tambahnya, peserta dapat memahami gambaran tentang rencana keuangan seperti investasi dan kewirausahaan yang dapat ditempuh setelah memasuki masa pensiun.

Sekretaris Daerah Kabupaten Bandung Barat, Asep Sodikin mengatakan, permasalahan yang sering muncul pada saat memasuki masa pensiun di antaranya turunnya sikap mental positif, hilangnya jabatan dan penghasilan tetap, menurunnya penghormatan dan kepercayaan diri, kesehatan yang.menurun dan.rentan stres.

"Saya berharap melalui kegiatan pembekalan ini para peserta dapat termotivasi, sehingga dapat menggali kreatifitas yang terpendam pada saat masih.menjadi PNS karena tersita oleh pekerjaan," paparnya.

Oleh karenanya, para peserta hendaknya memanfaatkan dan memahami apa yang disampaikan dalam pembekalan ini. Karena salah satu dari tujuan pembekalan ini menambah wawasan dan kesiapan moril maupun materil.

Editor: Kiki Kurnia

Bagikan melalui:

KOMENTAR

BERITA LAINNYA