LPNU Kota Bandung Targetkan Bangkitkan Potensi Ekonomi

Bandung Raya

Rabu, 14 Agustus 2019 | 17:07 WIB

190814170754-lpnu-.jpg

Rio Ryzki Batee

LEMBAGA Perekonomian Nahdatul Ulama (LPNU) Kota Bandung targetkan untuk membangkitkan kembali potensi ekonomi di Kota Bandung. Terlebih dengan perkembangan Usaha Kecil Menengah (UKM) yang masif di kota yang berjuluk "Parisj Van Java" tersebut.

"Potensi pasar di Kota Bandung, terutama dari UKM sangat besar. Ini yang harus kita kembangkan dengan berbagai inovasi dari masyarakat," ungkap Ketua LPNU Kota Bandung, Rahmat Andi usai pelantikan pengurus LPNU Kota Bandung di Kadin Kota Bandung, Jln. Talaga Bodas, Kota Bandung, Rabu (14/8/2019).

Menurutnya, dengan peran UKM saat ini, laju perekonomian di Kota Bandung mengalami perkembangan 4 persen. Angka tersebut menggambarkan potensi ekonomi di Kota Bandung yang tinggi.

Dikatakannya, para pelaku usaha kecil dan menengah membutuhkan sinergi dengan pemerintah. Diakuinya persoalan akses dan modal masih menjadi kendala bagi UKM untuk naik kelas, menjadi usaha besar.

"Gotong royong yang dibutuhkan, yakni sinergi pemerintah, lembaga stakeholder dan UKM. Bukan hanya pelatihan, tapi menghasilkan sesuatu yang produktif lebih lanjut," katanya.

Rahmat menjelaskan, LPNU yang beberapa waktu lalu sempat vakum, kini kembali bergeliat dengan para anggota muda yang baru. Diharapkan muncul kreativitas dan inovasi dari para kaum milenial tersebut.

"Dengan para pengurus LPNU yang kini berjiwa muda, maka akan muncul inovasi akan perekonomian di Kota Bandung," ujarnya.

Ketua Pengurus NU Cabang Bandung, Agus Syarif LC berharap para anak muda atau milenial, dapat mencurahkan pikiran, tenaga dan kreasinya untuk kemajuan ekonomi Kota Bandung. Terutama menginventarisir berbagai kelebihan ekonomi di masyarakat.

Diakuinya persoalan modal dan akses masih menjadi kendala bagi UKM di Kota Bandung, untuk berkembang. Oleh karena itu, dukungan dan peran pemerintah dibutuhkan bagi para pelaku usaha kecil dan menengah tersebut.

"Pelaku usaha kecil dan menengah merupakan garda terdepan perekonomian di Kota Bandung. Ini yang harus didukung oleh semua pihak dan stakeholder, terutama pemerintah," tambahnya.

Editor: Kiki Kurnia

Bagikan melalui:

KOMENTAR

BERITA LAINNYA