25 Calon Kades Tandatangani Fakta Integritas

Bandung Raya

Rabu, 14 Agustus 2019 | 14:04 WIB

190814140529-25-ca.jpg

Engkos Kosasih

25 calon kepala desa di 8 desa yang melaksanakan pilkades di Kecamatan Ibun, Kabupaten Bandung, melaksanakan penandatanganan fakta integritas untuk menciptakan kondisi aman dan kondusif jelang, saat pencoblosan maupun pasca pelaksanaan pilkades. Penandatanganan fakta integritas ini dilakukan di Gedung Serba Guna Desa Ibun, Rabu (14/8/2019).

Pada acara tersebut, Forum Komunikasi Pimpinan Kecamatan Ibun mengingatkan kepada para calon kepala desa untuk menyelesaikan administrasi dalam pencalonan untuk menghindari potensi gugatan di Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN). Selain itu, para calon kepala desa dan tim sukses untuk menghindari terjadinya intimidasi, bentrok tim sukses, black campaign atau kampanye hitam, dan money politik.

Camat Ibun, Adjat Sudradjat mengingatkan kepada panitia pilkades untuk memahami tugas dan fungsi kewenangan panitia. Ia juga mengingatkan panitia untuk memerhatikan administrasi tahapan pilkades.

"Evaluasi administrasi pilkades dari sekarang untuk menghindari PTUN. Itu kewajiban panitia pilkades. Jangan sampai ada celah-celah untuk di PTUN kan," kata nya.

Ajat juga meminta Panwas untuk mengedepankan musyawarah jika terjadi persoalan di lapangan. Panwas pun harus menjalin komunikasi dengan sejumlah pihak.

Sementara itu, Kapolsek Ibun Iptu Carsono mengharapkan, pilkades di Kecamatan Ibun kondusif. Kerawanan konflik pada pilkades, di antaranya terjadi intimidasi, black campaign (kampanye hitam), money politik dan hal lainnya.

Carsono mengingatkan kepada sejumlah pihak tidak melakukan kampanye hitam melalui media sosial. Mengingat saat ini ada patroli cyber yang mengawasi media sosial.

"Jangan sampai menjelekkan orang lain dengan cara  diupload di media sosial. Kami dari Polri dan TNI bersikap netral," ungkapnya.

Ini daftar bakal calon kepala desa di 8 desa di Kecamatan Ibun, yakni H. Undang Sumarna, Deni Buldani (Desa Ibun), Yanto Erawanto, Endep Kamal (Desa Dukuh), Kuswanda, Ai Hayati, Lalan Gunalan, S.Pd., Yayan Sopian (Desa Pangguh), Euis Tuti, Tarjoyo dan Ubed Rukanda (Desa Talun), Tata Taryana, Jajang Suryana, Efhi Riswanto, H. Asep Noviawan, dan Deni Hendrayana, S.Pd (Desa Tanggulun), Jumhaya, S.Pd, Endang Nurdin Permana, dan Ade Wahlin Suhendar (Desa Cibeet), Dedi Darsana, Sutar, Ali Anwar, dan Oded Sutedi, S.Pd (Desa Lampegan) dan H. Endut Suratman dan Wiwi Widaningsih (Desa Mekarwangi).

Editor: Dadang Setiawan

Bagikan melalui:

KOMENTAR

BERITA LAINNYA