Mahasiswa UIN Sunan Gunung Djati KKN di Ciwidey

Bandung Raya

Senin, 12 Agustus 2019 | 11:11 WIB

190812111239-mahas.jpg

Dendy Riksandi/job

MAHASISWA Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung melaksanakan kegiatan Kuliah Kerja Nyata Mahasiswa Berbasis Pemberdayaan Masyarakat (KKN Sisdamas). Kegiatan ini dilaksanakan di Desa Mekarmaju, Pasirjambu, Kecamatan Ciwidey, Kabupaten Bandung.

Tema dari kegiatan ini adalah meningkatkan potensi Desa Mekarmaju melalui produktivitas tani dan home industry yang memanfaatkan e-business dengan harapan mendapatkan profit yang maksimal.

“Fokus program yang dicanangkan dan dilaksanakan oleh kelompok 322 di Desa Mekarmaju Kabupaten Bandung meliputi bidang pendidikan, kesehatan, lingkungan hidup dan bidang keagamaan.” Kata Aldi saat diwawancarai disela kegiatan pada Senin (12/8/2019).

Kegiatan KKN Sisdamas di Desa Mekarmaju Kabupaten Bandung ini dilaksanakan oleh mahasiswa UIN Sunan Gunung Djati Kelompok 322 yang diketuai oleh Aldi Fauzan Zulhakim.

“Tujuannya ialah untuk menjalin silaturahmi diantara mahasiswa UIN sunan Gunung Djati dan masyarakat Desa Mekarmaju, memberikan solusi berdasarkan kajian akademis atas kebutuhan, tantangan, dan persoalan yang dihadapi masyarakat, serta menumbuhkan pemikiran yang kreatif dan jiwa sosial.” Ujar Aldi.

Mahasiswa-mahasiswi yang menjalani KKN Sisdamas di Desa Mekarmaju kelompok 322 berjumlah 14 orang diantaranya Aldi Fauzan Zulhakim, Thesar Giovani, Gany Gemilang, Wine Widiawaty, Istianah, Diva Umma, Dicky Reinaldi, Abyan Hanif, Desi Rahmawati, Hanifatunnisaa, Zahara Mawaddah, Nuri Qurota, Azif Rachmanizal, dan Lika Ellen yang merupakan mahasiswa dari berbagai jurusan.

“Kegiatan yang dilakukan dalam program ini adalah membantu kegiatan keseharian masyarakat, mempersiapkan HUT RI ke-74 di desa, Mengajar di Paud Melati, TPA dan RA-MI-MTs Yappiza, membantu proses home industry seperti pandai besi dan produksi kerupuk, serta melakukan kerja bakti.” Ujar Wine Widiawaty salah satu peserta KKN Sisdamas.

Kegiatan KKN Sisdamas di Desa Mekarmaju, Kecamatan Pasirjambu, Kabupaten Bandung ini dimulai sejak tanggal 31 juli 2019 dan berjalan selama satu bulan hingga  berakhir pada tanggal 30 Agustus 2019. (Dendy Riksandi/job)

Editor: Dadang Setiawan

Bagikan melalui:

KOMENTAR

BERITA LAINNYA