Rumput Hilang, Sapi KBB Kini Makan Batang Pisang

Bandung Raya

Minggu, 11 Agustus 2019 | 13:49 WIB

190811135353-rumpu.jpg

Dicky Mawardi

SEJAK tiga bulan terakhir, peternak di Kecamatan Ngamprah Kabupaten Bandung Barat tak lagi memberikan sapi pakan rumput. Ketiadaan rumput segar memaksa peternak sapi perah menggantinya dengan jerami dan batang pohon pisang.

Bahkan untuk mendapatkan jerami saja, peternak sapi perah di Kecamatan Ngamprah sampai harus mencari hingga ke Kecamatan Cililin. Pasalnya di sekitar Ngamprah,  maupun kecamatan terdekat seperti Padalarang dan Cisarua sudah sulit mendapatkan rumput dan jerami.

"Sudah hampir tiga bulan sapi perah milik saya dan peternak lainnya tak lagi diberi pakan  rumput. Sebagai gantinya diberi jerami,, batang pohon pisang dan konsentrat. Kejadian ini selalu terulang setiap musim kemarau," keluh

Dadang Alamsyah (52) peternak sapi perah asal Kampung Karyalaksana RT 3/RW 5, Desa Mekarsari,  Kecamatan Ngamprah,  Minggu (11/8/2019).

Ia menjelaskan, kebutuhan pakan seekor sapi perah mencapai  30 persen dari bobot tubuhnya.  Biasanya dalam kondisi normal, sapi diberi pakan rumput segar dan konsentrat. Pemberian pakan jerami dan batang pohon pisang,  lanjut Dadang, bukan tanpa risiko. Berpengaruh besar pada produksi susu.

"Mungkin karena kandungan gizinya tidak sebaik rumput segar, makanya berpengaruh besar terhadap produksi susu dari setiap ekornya. Dirata-ratakan bisa turun 10-15 persen per hari," keluhnya. dicky mawardi

Editor: Brilliant Awal

Bagikan melalui:

KOMENTAR

BERITA LAINNYA