BPBD Kota Cimahi Bentuk Forum Pengurangan Risiko Bencana

Bandung Raya

Sabtu, 10 Agustus 2019 | 16:03 WIB

190810160423-bpbd-.jpeg

ist

BPBD Kota Cimahi membentuk Forum Pengurangan Risiko Bencana (FPRB), di Aula Kelurahan Melong, Kota Cimahi. Hal tersebut, terkait rangkaian pembentukan Kelurahan Tangguh Bencana di Kelurahan Melong yang sudah dilaksanakan selama tiga hari mulai Selasa (6/8/2019) sampe Kamis (8/8/2019).

Dalam acara pembentukan itu seperti dalam rilis yang baru diterima, digelar Seksi Kesiapsiagaan dan Pencegahan BPBD Kota Cimahi ini,  dipandu Mang Arif dan Mang Ipi diikuti sebanyak 40 peserta. Didukung FPRB Kota Cimahi dan Pusat Pendidikan Jasmani TNI AD.

Lurah Melong, Deden, mengatakan, mengapresiasi sebesar-besarnya terhadap BPBD yang telah mengadakan kegiatan ini. "Terbentuknya FPRB, forum ini dapat menjadi jembatan informasi, komunikasi, dan koordinasi dalam penanggulangan bencana di Kelurahan Melong," harapnya.

Deden menegaskan,  FPRB Melong ini menjadi duta kesiapsiagaan bencana di garis depan masyarakat.

Sementara itu,  Kepala Pelaksanaan (Kalak) BPBD Kota Cimahi, Nanang,  M. Pd, berpesan kepada peserta untuk melaksanakan tugas suci sebagai relawan, salah satunya mengadakan mitigasi bencana wilayah Melong.

Menurutnya,  relawan harus mampu mengenali bencana yang ada dan mencegahnya dengan bentuk peningkatan kapasitas masyarakat dan keluarga,

Selain itu, harus mampu memberikan informasi dan sosialisasi dalam mewujudkan  masyarakat tangguh bencana di wilayah Kelurahan Melong.

"Kami mengucapkan terimakasih pula kepada berbagai elemen masyarakat dan unsur lainnya, terutama pada pihak Pusdikjas yang sudah memberikan materi pelatihan Rescue diantaranya, penyelamatan di air dan di gunung ataupun lembah," kata Nanang.

Dalam acara itu,  juga dipaparkan pemetaan ancaman bencana di daerah Kelurahan Melong secara partisipatif. Terutama masalah banjir di RW 02 dan RW 14.



Editor: Dadang Setiawan

Bagikan melalui:

KOMENTAR

BERITA LAINNYA