700 Kambing dan 3 Ekor Sapi Didistribusikan ke Daerah Terpencil di Jabar

Bandung Raya

Jumat, 9 Agustus 2019 | 16:20 WIB

190809162113-700-k.jpg

KODAM III/Siliwangi bersama Aksi Cepat Tanggap (ACT) Jawa Barat mendistribusikan 700 ekor kambing dan 3 sapi ke sejumlah kota/kabupaten di Jawa Barat.

"Hari ini kita menerima hewan qurban, kemudian akan didistribusikan ke wilayah - wilayah di Jawa Barat," ungkap Pangdam III/Siliwangi Mayjen TNI, Tri Soewandono di Mako Denmadam III/Siliwangi, Jln. Kalimantan, Kota Bandung, Jumat (9/8/2019).

Menurutnya, setiap wilayah akan didistribusikan dengan jumlah yang berbeda-beda, Seperti sekitar Bandung Raya akan disalurkan sekitar 300 kambing, kemudian Tasikmalaya dan Cirebon yang masing-masing berjumlah 200 kambing. Sementara untuk sapi masing-masing daerah tersebut menerima satu ekor.

"Nantinya kambing-kambing ini akan didistribusikan oleh Kodim-Kodim untuk membaginya sesuai dengan keadaan masyarakatnya. Diupayakan penerimaan hewan qurban ini dikhususkan kepada masyarakat prasejahtera," terangnya.

Pangdam mengapresiasi dengan kegiatan tersebut, yang bisa terlaksana dengan bantuan dari Aksi Cepat Tanggap (ACT) dan Masyarakat Relawan Indonesia (MRI). Lebih jauh, Ia berharap kegiatan pembagian hewan kurban ini akan berlanjut di tahun-tahun mendatang.

"Kami berharap bagi yang membutuhkan bisa mendapatkan makanan yang sehari-hari didapatkan masyarakat pada umumnya. Juga semoga ini menjadi amal ibadah bagi kita selaku umat Muslim," tuturnya.

Kepala Cabang ACT Provinsi Jawa Barat, Renno I Mahmoeddin menerangkan bahwa ACT dan MRI akan melaksanakan kegiatan pendistribusian hewan qurban, dengan tetap melibatkan Kodam III/Siliwangi. Terlebih Kodam III/Siliwangi sangat paham betul mengenai teritorial di Jawa Barat.

"Dengan bantuan Kodam III/Siliwangi, maka hewan kurban ini akan disalurkan kepada 35 ribu kepala keluarga, atau sekitar jumlah keseluruhannya mencapai 105 ribu jiwa. Ini merupakan bentuk kepedulian Kodam III/Siliwangi, ACT dan MRI bagi kemaslahatan umat," jelasnya.

Renno menuturkan bahwa pihaknya juga akan mencoba untuk menyalurkan hewan kurban tak hanya di Indonesia. Lebih jauh, akan diupayakan untuk didistribusikan kepada 50 Negara di dunia.

"Kami menyalurkannya kepada negara-negara lain, terutama yang memiliki rakyat yang masih prasejahtera," katanya.

Renno menambahkan bahwa keterlibatan Kodam III/Siliwangi dalam mendistribusikan hewan kurban, adalah bentuk sinergi dengan ACT dan MRI. Mengingat selama ini selalu bersama-sama dalam penanganan masalah kebencanaan di masyarakat.

"Mudah-mudahan masyarakat prasejahtera bisa merasakan kebahagiaan di saat hari raya Idul Adha. Sehingga mereka juga bisa merasakan makan daging seperti masyarakat pada umumnya," tambahnya.


Editor: Dadang Setiawan

Bagikan melalui:

KOMENTAR

BERITA LAINNYA