Jadikan Program UMKM Juara Sebagai Ruang bagi Pelaku Usaha Kecil

Bandung Raya

Kamis, 25 Juli 2019 | 17:33 WIB

190725173453-jadik.jpg

Dicky Mawardi

PROGRAM UMKM Juara yang digulirkan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Barat diharapkan bisa menjadi ruang bagi pelaku usaha kecil dalam mengembangkan usahanya. Selama ini, masalah klasik yang dihadapi pengusaha kecil berkaitan dengan permodalan, pemasaran, pengemasan produk, dll.

"Program UMKM Juara bertujuan untuk penguatan manajamen dari para pelaku usaha kecil untuk dapat naik kelas dengan memanfaatkan teknologi dalam menjalankan usahanya. Selain itu para UMKM dibantu dan didampingi oleh pendamping UMKM Juara di masing-masing kabupaten/kota sehingga memperoleh akses pasar, akses perizinan, akses pembiayaan dan akses jaringan," kata pendamping UMKM Juara, Saiful Rachman disela-sela kegiatan sosialisi program UMKM Juara kepada sejumlah pelaku usaha kecil di Cilame, Kamis (26/7/2019).

Beberapa pelaku usaha kecil yang ikut dalam kegiatan itu antara lain Azura Baby and Kids, Rumah Jahit Orien, Sakinah Collection, Berkat Jaya Mandiri Pie Susu, Kerajinan

Kujang, eLNAJ (karpet dan lukisan custom handcraf), Trubus Mulya (cuanki instan), Tas Mirada, Nusasari Mulya, Neng Iting, Bodor Food, 174 (permen jahe), dll.

"Saya yakin program ini dapat memberikan manfaat kepada para pelaku UMKM. Untuk dapat tumbuh, maju dan menjadi juara," kata Saiful.

Menurutnya, pertumbuhan ekonomi harus ditunjang dari berbagai faktor dan sektor ril dalam kehidupan masyarakat. Salah satu di antaranya dengan menumbuhkan, membuka atau menggiatkan kegiatan usaha produktif/UMKM.

"Tumbuhnya UMKM akan menumbuhkan ekonomi dan memperluas lapangan pekerjaan sehingga dapat meningkatkan kesejahteraan keluarga Indonesia, khususnya Jawa Barat," tandasnya

Editor: Kiki Kurnia

Bagikan melalui:

KOMENTAR

BERITA LAINNYA