Warga Berharap Normalisasi Sungai Citarum Sampai Kampung Radug Balekambang

Bandung Raya

Minggu, 21 Juli 2019 | 09:08 WIB

190721090916-warga.jpg

dok

Warga Berharap Normalisasi Sungai Citarum Sampai Kampung Radug Balekambang


TOKOH Pemuda Desa Sukamaju, Roy Hansen berharap kepada pemerintah pusat melalui Balai Besar Wilayah Sungai Citarum untuk melanjutkan pengerjaan normalisasi Sungai Citarum sampai perbatasan Desa Sukamaju di Kampung Radug Balekambang Kecamatan Majalaya Kabupaten Bandung.

"Ada informasi normalisasi Sungai Citarum sepanjang 5,5 km dari Desa Rancakasumba Kecamatan Solokanjeruk sampai jembatan Patrol Desa Majalaya dan Desa Sukamaju. Kami berharap normalisasi dituntaskan sampai Kampung Radug Balekambang yang selama ini masuk kawasan rawan banjir luapan Sungai Citarum," harap Roy kepada galamedianews di Desa Sukamaju, Minggu (21/7/2019).

Roy mengatakan, Kampung Balekambang RW 18 Desa Sukamaju yang dekat dengan kawasan Radug merupakan daerah di hulu Sungai Citarum yang rawan terjangan banjir luapan sungai tersebut disaat memasuki musim hujan.

"Sudah beberapa rumah yang jebol dan rusak berat akibat diterjang luapan Sungai Citarum. Bahkan kejadian itu sudah berulangkali dialami warga yang rumahnya dekat dengan bantaran Sungai Citarum," ungkap Roy Hansen yang aktif di Gada AMS.

Ia mengatakan, salah satu solusi untuk mengurangi dampak buruk tersebut, harus ada upaya normalisasi sungai. Di kawasan tersebut, katanya, aliran sungai dangkal, selain banyak pepohonan yang membuat kondisi aliran sungai tak beraturan.

"Kalau sudah memasuki musim hujan, puluhan kepala keluarga di kawasan tersebut sudah tak nyaman. Karena rumah mereka dekat dengan bantaran sungai," katanya.

"Apalagi dalam pengerjaan normalisasi Sungai Citarum saat ini ada pembangunan jalan infeksi untuk sarana dan fasilitas pemeliharaan sungai," imbuhnya.

Meski untuk mengurangi risiko ancaman bencana banjir itu, kata Roy, Desa Sukamaju yang berbatasan dengan Desa Tanggulun Kecamatan Ibun beberapa waktu lalu sudah ada upaya pengerukan/normalisasi Sungai Citarum oleh jajaran TNI dari Sektor 3 Satgas Citarum Harum.

"Dengan adanya normalisasi itu, diharapkan ditindaklanjuti pemerintah yang saat ini dalam pengerjaannya oleh Balai Besar Wilayah Sungai Citarum," katanya.


Editor: Brilliant Awal

Bagikan melalui:

KOMENTAR

BERITA LAINNYA