Tahun Ini, Calon Siswa yang Daftar ke SMK BNN Hanya Satu Orang

Bandung Raya

Jumat, 19 Juli 2019 | 16:25 WIB

190719155655-tahun.jpg

Dicky Mawardi

DI saat sekolah negeri kebanjiran calon siswa pada Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB), lain halnya dengan sekolah swasta yang berada di daerah pinggiran. Bukannya kebanjiran pendaftar, sekolah itu malah sebaliknya minim pendaftar.

Seperti dialami SMK Bhakti Nusantara Nasional (BNN) yang beralamat di Kampung Cibadak RT 04/01 Desa Kertawangi, Kecamatan Cisarua, Kabupaten Bandung Barat. Pada PPDB 2019 ini, hanya ada satu calon siswa yang mendaftar.

Siswa Itu pun tak datang lagi ke sekolah. Mungkin karena merasa tidak ada teman,  akhirnya memilih tidak.masuk sekolah.

Wakil Yayasan Bhakti Nusantara Nasional (BNN), Sutasah mengatakan, setiap tahun jumlah siswa yang mendaftar terus menyusut. Tahun lalu jumlah pendaftar tujuh orang dan sekarang hanya satu orang.

"Karena pendaftarnya hanya satu orang, kami membuka pendaftaran hingga batas waktu yang tidak ditentukan. Terakhir kami dapat informasi akan ada empat orang calon siswa yang akan mendaftar, hanya memang sampai sekarang belum ada kejelasan,"  papar Sutasah di Cisarua, Jumat (19/7/2019).

SMK BNN hanya memiliki 11 siswa yang berasal dari kelas XI dan XII karena siswa kelas X tidak ada. Agar kegiatan belajar mengajar tetap berjalan, siswa kelas XI dan XII digabung dalam satu ruang kelas.

SMK BNN sudah berdiri sejak sembikan tahun lalu, terdiri dari tiga jurusan, yaitu Farmasi, Otomotif dan Administrasi Perkantoran.

Salah satu penyebab minimnya pendaftar ke sekolah kejuruan ini karena lokasi sekolah yang jauh dari jalan raya. Terlebih ada SMK Negeri yang lokasinya tidak terlalu jauh dari SMK BNN.

Editor: Dadang Setiawan

Bagikan melalui:

KOMENTAR

BERITA LAINNYA