Penjelasan Kasatlantas Polrestabes Bandung Soal Rekayasa Sukajadi-Setiabudi Dipermanenkan

Bandung Raya

Jumat, 19 Juli 2019 | 11:31 WIB

190719113533-penje.jpg

M. Fadlillah

HASIL uji coba rekayasa lalu lintas jalan Sukajadi-Setiabudi yang diberlakukan sejak sepekan lalu akan dipermanenkan setelah mendapat pengaruh positif dan disetujui oleh berbagai pihak.

Kasatlantas Polrestabes Bandung, AKBP Agung Reza mengatakan memang awalnya memberikan respon negatif terkait rekayasa lalu lintas tersebut. Namun setelah beberapa waktu, kata dia, arus lalu lintas mulai menunjukan perubahan positif.

Baca Juga: Rekayasa Lalu Lintas Kawasan Cipaganti Dipermanenkan

"Melihat situasi kondisi yanhg membaik sekarang (masyarakat) jadi lebih banyak yang pro, tentunya hal ini akan terus berjalan, tidak hanya di Sukajadi ini, karena kita sifatnya mengurangi titik kemacetan di Kota Bandung," kata Agung setelah rapat evaluasi rekayasa lalu lintas di Bandung, Kamis.

Dia mengklaim rekayasa yang diberlakukan pihaknya yang bekerjasama dengan Dinas Perhubungan Kota Bandung telah mengurangi kemacetan di empat titik. Diantaranya Jalan Sukajadi, Cihampelas, Cipaganti dan Setiabudi

"Awalnya kondisinya sangat padat (di empat titik itu), sekarang sudah lancar," kata Agung.

Baca Juga: Hasil Pertemuan Dishub dengan Koperasi Angkot Soal Rekayasa Lalin Sukajadi

Kelancaran tersebut, kata dia, dapat dilihat dari kecepatan kendaraan yang melintas kawasan tersebut. Dia menyebutkan biasanya di sejumlah kawasan tersebut kendaraan melaju dengan kecepatan 10 km/jam, namun saat ini kendaraan bisa melaju hingga 40 km/jam.

Dengan demikian, perubahan positif tersebut juga memiliki dampak lain. Agung mengatakan para pejalan kaki di sejumlah kawasan titik-titik rekayasa tersebut mengalami kesulitan untuk menyeberang.

Baca Juga: Rute 11 Trayek Angkot Berubah Pascarekayasa Lalu Lintas Cipaganti

"Bahkan ada perubahan budaya, masyarakat meminta adanya hazard kuning, tombol untuk menyeberang dan zebra cross sebab mereka sulit menyeberang di sana, karena kondisinya lancar," kata dia.

Walaupun demikian, dia juga mengatakan akan tetap siaga untuk menyiapkan petugas di akhir pekan. Pasalnya pada akhir pekan tersebut banyak wisatawan ke Bandung yang mungkin belum memahami rekayasa yang diberlakukan baru-baru ini.

Baca Juga: Selama Rekayasa, Semua Usulan Kobanter Akan Diakomodir

"Mungkin nanti saat weekend berikutnya itu ada penyesuaian-penyesuaian terus, karena memang yang hadir bukan orang Bandung ya, bisa saja orang dari bersumber dari kota-kota lain," kata dia.

Editor: Endan Suhendra

Bagikan melalui:

KOMENTAR

BERITA LAINNYA