Tingkatkan Indeks Kebahagiaan Lansia, Pemkot Bandung Ajak 300 Lansia Berwisata

Bandung Raya

Kamis, 18 Juli 2019 | 18:12 WIB

190718180157-tingk.jpg

UNTUK meningkatkan indeks kebahagiaan lansia, Pemkot Bandung mengajak 300 lansia berwisata ke Cikole Jayagiri Lembang. Upaya tersebut dilakukan oleh Pemkot Bandung melalui Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak dan Pemberdayaan Masyarakat (DP3APM).

Sebelumnya, pada tahun 2017 DP3APM Kota Bandung juga mengajak lansia berwisata ke Anyer, Banten.

"Saya merasa senang sekali. Berada di tengah bapak dan ibu membuat saya seperti merasa sedang berada di tengah-tengah kedua orang tua saya yang masih sehat," ungkap Wakil Wali Kota Bandung, Yana Mulyana usai melepas rangkaian wisata tersebut di Taman Maluku, Jln. Ambon, Kota Bandung, Kamis (18/7/2019).

Menurutnya, kegiatan ini dapat terus berkesinambungan dan dapat meningkatkan indeks kebahagiaan lansia di Kota Bandung. Tak hanya itu, dengan berwisata bisa meningkatkan produktivitas lansia.

"Lansia ini harus merasa bahagia, merasa selalu punya teman dan terus produktif," katanya.

Dikatakannya, Pemkot Bandung memastikan pelayanan terhadap warga senior atau lanjut usia (lansia) masuk dalam skala prioritas pembangunan. Sebagai upaya agar para lansia tetap semangat, produktif dan bisa membantu orang lain.

"Kita ciptakan suasana yang mendorong para lansia agar tetap semangat, produktif dan bisa membantu orang lain. Diharapkan juga mampu mewujudkan visi Kota Bandung unggul nyaman sejahtera dan agamis," terangnya.

Yana menjelaskan, usia harapan hidup di Kota Bandung mencapai angka 73 tahun. Hal tersebut, menjadi salah satu indikator keberhasilan pembangunan. Terutama mengembangkan program yang sudah ada, agar lebih maksimal.

"Untuk memuliakannya, maka kita wajib memberikan program yang bermanfaat bagi lansia. Demi angka hidup yang lebih meningkat," ucapnya.

Pada kesempatan yang sama, Kepala DP3APM Kota Bandung, Tatang Muhtar mengatakan bahwa kegiatan ini merupakan upaya dari Pemkot Bandung dalam meningkatkan indeks kebahagiaan para lansia.

"Para lansia ini begitu antusias rupanya. Acara dimulai pukul 07.30 WIB, sebelum pukul 07.00 mereka sudah berkumpul disini. Ini sangat luar biasa," ujarnya.

Sementara itu Kepala Bidang Pemenuhan Perlindungan dan Hak Lansia DP3APM Kota Bandung, Sekar Puja Wijayanu menerangkan bahwa, selain rekreasi, para lansia ini mendapatkan pendampingan dari relawan lansia Kota Bandung.

"Saya mengapresiasi kepada relawan-relawan lansia yang dengan senang hati mendampingi orang tua kita," tambahnya.

Editor: Dadang Setiawan

Bagikan melalui:

KOMENTAR

BERITA LAINNYA