41 Pelaku UMKM Ikuti Pelatihan Kewirausahaan

Bandung Raya

Selasa, 16 Juli 2019 | 10:30 WIB

190716103035-41-pe.jpg

Engkos Kosasih

Pelatihan UMKM

SEBANYAK 41 pelaku usaha kecilmikro menengah (UMKM) dari tiga desa di Kecamatan Majalaya Kabupaten Bandung mengikuti pelatihan kewirausahaan di Aula Kecamatan Majalaya, Selasa (16/7/2019).
Mereka berasal dari Desa Wangisagara, Biru dan Desa Padamulya Kecamatan Majalaya. materi pelatihan di antaranya pengenalan perkoperasian dan desain kemasan.

Pelatihan kewirausahaan itu melibatkan Dinas Koperasi dan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) Kabupaten Bandung serta Provinsi Jawa Barat. Pelaksanaan pelatihan kewirausahaan tersebut atas usulan tiga desa tersebut melalui musyawarah rencana pembangunan (musrenbang) desa pada 2018.

Kepala Seksi Peningkatan Kualitas Kewirausahaan Bidang Pengembangan Pemberdayaan Usaha Mikro Dinas Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah Kabupaten Bandung Yenny Novianti mengatakan, pelaksanaan pelatihan kewirausahaan tersebut berdasarkan usulan dalam musrenbang desa di tiga desa tersebut dan baru dilaksanakan saat ini.

"Ini dalam upaya meningkatkan pelaku usaha mikro kecil dan menengah. Dengan harapan, setelah melewati pelatihan ini mereka bisa percaya diri dan andal dalam pengembangan kewirausahaan. Umumnya, pelatihan ini melibatkan ibu-ibu yang sebelumnya sudah mengembangkan usaha pada bidang kuliner," kata Yenny kepada wartawan di sela-sela pelatihan kewirausahaan.

Yenny berharap, melalui pelatihan ini, para pelaku usaha dapat bersaing atau mampu berdaya saing dalam mengembangkan usahanya.

"Banyak materi yang kami sampaikan dalam pelatihan kewirausahaan ini. Mulai dari pengenalan perkoperasian, desain kemasan. Dalam pelatihan itu melibatkan motivator dari Provinsi Jabar," katanya.

Yenny mengatakan, pelatihan kewirausahaan ini lebih kepada olahan makanan dengan nilai aset di bawah Rp 50 juta.

Di tempat sama, Camat Majalaya Drs. Ika Nugraha mengatakan, pelatihan kewirausahaan bagi para pelaku usaha mikro kecil dan menengah ini sejalan dengan potensi unggulan yang cukup banyak di Kecamatan Majalaya.

"Dengan adanya pelatihan kewirausahaan ini, diharapkan dapat menggali potensi kewirausahaan di Kecamatan Majalaya. Makanya, pelatihan kewirausahaan UMKM ini sangat bagus untuk mengembangkan kewirausahaan bagi para pelaku usaha tesebut," kata Ika.

Selain untuk menggali potensi ekonomi di Kecamatan Majalaya, Ika menyebutkan, pelatihan ini untuk menambah wawasan dan pengetahuan bagi para pelaku usaha dalam upaya meningkatkan atau mengembangkan usahanya.

"Terutama dalam pengemasan dan pemasaran produk UMKM tersebut," katanya.

Editor: Brilliant Awal

Bagikan melalui:

KOMENTAR

BERITA LAINNYA