Ini Penyebab Bau Busuk di Sungai Cipamokolan

Bandung Raya

Jumat, 12 Juli 2019 | 17:39 WIB

190712172203-ini-p.jpg

net

Ilustrasi.

WAKIL Wali Kota Bandung, Yana Mulyana memastikan bau busuk yang muncul di sekitar Sungai Cipamokolan, berasal dari limbah domestik atau rumah tangga.

"Dilihat dari sampelnya lebih karena limbah domestik, yang menguap ketika cuaca sedang panas," ungkapnya di Balai Kota Bandung, Jln. Wastukancana, Kota Bandung, Jumat (12/7/2019).

Menurutnya, limbah domestik atau rumah tangga tersebut, mengendap ketika musim hujan. Kemudian saat sungai mulai mengering ketika musim panas, maka limbah ini menguap dan menimbulkan bau yang tidak sedap.

Dikatakannya, dengan hasil tersebut, maka bau tidak sedap yang muncul di Sungai Cipamokolan bukan dari limbah pabrik. Melainkan dari limbah rumah tangga atau manusia sendiri.

"Jadi kerak yang mengendap ini, menguap dan bercampur denagn air yang sedikit lalu timbul bau. Maka bukan dari limbah pabrik tapi manusia sendiri," katanya.

Sebelumnya, Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Kota Bandung menerjunkan tim ke Sungai Cipamokolan sejak Rabu (10/7/2019). Tim dari Pembinaan, Pengawasan dan Pengendalian (Binwasdal) menyusuri pertemuan Sungai Cikiley dan Sungai Cipamokolan.

Kepala Bidang Binwasdal DLHK Kota Bandung, Lita Endang menuturkan dari hasil pemantauan di lapangan disinyalir bau tidak sedap yang ditimbulkan tersebut adalah sedimentasi sungai akibat limbah rumah tangga.

Editor: Dadang Setiawan

Bagikan melalui:

KOMENTAR

BERITA LAINNYA