20 ASN ikuti Diklat Jaminan Reklamasi dan Jaminan Pasca Tambang

Bandung Raya

Senin, 8 Juli 2019 | 14:54 WIB

190708145454-20-as.jpg

Ginanjar Arief Pratama

Sejumlah peserta apartur sipil negara (ASN), mengikuti Diklat Jaminan Reklamasi dan Jaminan Pascatambang bagi Aparatur Sipil Negara (ASN) di Gedung Diklat PPSDM Geominerba, Jalan Jendral Sudirman, Bandung, Senin (8/7/2019).

SALAH satu aspek kegiatan pertambangan yang saat ini mendapat perhatian masyarakat baik lokal maupun internasional adalah kegiatan reklamasi dan pasca tambang. Kegiatan ini juga mendapat perhatian yang besar dari Komisi Pemberantasan Korupsi pada setiap kegiatan koordinasi dan supervisinya.

Berkaca dari situasi yang telah disebutkan maka penanganan reklamasi dan pascatambang tidak dapat dianggap mudah sehingga selain memerlukan dukungan kebijakan dan regulasi, juga diperlukan SDM yang mempunyai kompetensi dalam pengelolaan reklamasi.
 
Sebagai salah satu instansi pemerintah yang bertugas mengembangkan SDM di sektor Geologi, Mineral dan Batubara, (Pusat Pengembangan Sumber Daya Manusia) PPSDM Geominerba menyelenggarakan Diklat Jaminan Reklamasi dan Jaminan Pascatambang bagi Aparatur Sipil Negara (ASN) yang bertugas mengevaluasi dokumen perencanaan sesuai dengan regulasi yang diberlakukan.

Sebanyak 20 peserta diklat dari Ditjen Minerba mengikuti diklat yang akan berlangsung selama lima hari (8-12 Juli 2019) kedepan, yang nantinya para peserta dapat melaksanakan tugas sesuai regulasi reklamasi paca tambang

Kepala Bidang Penyelenggaraan dan Sarpras Pengembangan SDM, Ade Hidayat serta didampingi satu Instruktur Direktorat Jenderal Mineral dan Batubara, Farisatul Amanah, dan Kepala Sub Bidang Sarana Prasarana Pengembangan SDM dan Informasi, Denny Lumban Raja, membuka diklat secara resmi, di Gedung Diklat PPSDM Geominerba, Senin (8/7/2019).

“Diharapkan para peserta yang diberi tugas melakukan evaluasi kedua dokumen perencanaan tersebut dapat melaksanakan tugasnya sesuai dengan regulasi yang diberlakukan, sehingga setiap penetapan besaran jaminan reklamasi dan jaminan pascatambang dapat dipertanggungjawabkan secara teknis dan yuridis.” Ujar Kepala Bidang Penyelenggaraan dan Sarpras Pengembangan SDM, Ade Hidayat.

Para peserta nantinya akan diberikan materi seperti Peraturan dan Kebijakan terkait Reklamasi dan Penutupan Tambang, Perencanaan Reklamasi, Perencanaan Biaya Reklamasi, Perencanaan Penutupan Tambang, dan Perencanaan Biaya Pascatambang. Selain itu juga para peserta kan melakukan ujian tulis pre test dan post test untuk mengetahui kemampuan dari setiap peserta.

Editor: Dadang Setiawan

Bagikan melalui:

KOMENTAR

BERITA LAINNYA