Warga Kedawung, Subang Mulai Kesulitan Air Bersih

Bandung Raya

Rabu, 26 Juni 2019 | 16:03 WIB

190626155435-warga.jpeg

Dally Kardilan

Petugas dari BPBD Subang sedang mengisi air bersih ke ember yang dibawa warga Desa Kedawung, Pabuaran, Subang.

AKIBAT musim kemarau, Warga mulai kesulitan mendapatkan air bersih untuk keperluan sehari-harinya. Seperti yang dialami warga Desa Kedawung, Kecamatan Pabuaran, Subang.

Kepala Desa Kadawung, Rosman Suganda yang ditemui Rabu (26/6/2019) membenarkan, di wilayahnya terutama di RT 21/RW 10 sudah kesulitan mencari air bersih sehingga dirinya berinisiatif memberikan laporan dan permohonan bantuan ke Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Subang.

“Kekeringan di daerah kita sudah terjadi sejak dua bula lalu. Sumur warga mengalami kekeringan sehingga warga kesulitan untuk mendapatkan air bersih. Untuk kebutuhan air bersih buat minum dan mandi warga membeli air galon dari warung," kata Rosman.

Kepala BPBD Subang, H.Hidayat melalui Kasi Kedaruratan, Darmono Indra menuturkan, pihaknya sudah mendistribusikan 3 tangki air bersih ke Desa Kedawung.  "Hari ini kita kirim tiga tangki air bersih  ke Kedawung. Kondisi di daerah itu kan kekeringan, sulit air bersih," kata Darmono sambil menambahkan untuk empat hari ke depan, satu unit tangki akan di standby di lokasi untuk ketersediaan air bersih.

Sehari sebelumnya Kapolres Subang, AKBP Muhammad Joni pun membawa 2 unit tangki air bersih ke daerah tersebut. Bahkan dirinya akan membuat sumur di empat titik di permukiman warga.

"Kalau jetpam sudah bisa beroperasi sudah tentu tidak usah ada lagi pendistribusian air bersih. Sebaliknya kalau sudah jalan tapi masih kurang bagus, tangki tetap kita pertahankan," katanya.

Editor: Dadang Setiawan

Bagikan melalui:

BERITA LAINNYA

KOMENTAR