Hari Pertama Daftar Ujian Mandiri UIN SGD Bandung Capai 1603 Orang

Bandung Raya

Rabu, 12 Juni 2019 | 17:25 WIB

190612172556-hari-.jpg

Nana Sukmana

SEJAK hari pertama dibuka, pendaftaran penerimaan mahasiswa baru (PMB) UIN SGD Bandung melalui jalur Ujian Mandiri (UM) sudah mencapai 1603 orang. Jumlah tersebut tercatat sejak pendaftaran dibuka pada 11 Juni 2019 dari pukul 15.00 sampai dengan pukul 23.59.

"PMB Ujian Mandiri merupakan jalur penerimaan mahasiswa baru yang diselenggarakan secara mandiri melalui seleksi Computer Based Test (CBT)," jelas Kasubbag Humas UIN SGD Bandung, Drs. H. Rohman Setiaman di ruang kerjanya, Kampus I, Jalan A.H. Nasution, Kota Bandung, Rabu (12/6/2019).

Menurutnya, ada empat jenis PMB UM yang diselenggarakan UIN SGD Bandung, yakni ujian menggunakan media komputer (CBT), melalui tahfiz Quran bagi yang mempunyai hapalan minimal 5 juz, melalui pestasi dalam bidang seni, olahraga, atau yang lainnya minimal tingkat regional (Kota/kabupaten), dan terakhir jalur khusus luar negeri (LN).

"Pendaftaran PMB UIN SGD Bandung melalui jalur UM ini dilakukan secara daring (online)pada laman pmb.uinsgd.ac.id dari 11 Juni sampai dengan 10 Juli 2019. Pendaftar ke-1603 yakni Melinia Nurafifah dengan jenis ujian tahfiz," jelasnya.

Dijelaskannya pula, para pendaftar harus memiliki ijazah SMA/SMK/MA/MAK/Pesantren Mu’adalah/Paket C. Khusus bagi calon peserta lulusan Paket C, harus menyerahkan fotokopi buku rapor tiga tahun terakhir dan diserahkan ke panitia saat akan ujian PMB. Sedangkan lulusan 2019 sekurang-kurangnya telah memiliki SKL (Surat Keterangan Lulus) dari kepala sekolah/madrasah yang dilengkapi vasfoto dan cap sekolah.

"Alur pendaftaran yang dilakukan, pertama, calon mahasiswa melakukan pradaftar daring di laman pmb-pradaftar.uinsgd.ac.id untuk memilih jalur test (CBT, Tahfidz, Prestasi), dan mendapatkan kode pembayaran. Selanjutnya kode pembayaran dikirim ke email calon mahasiswa. Jadi pada saat daftar, emailnya harus aktif," tuturnya.

Setelah itu, ujar Rohman, calon mahasiswa melakukan pembayaran sebesar Rp 250.000 di yang ditunjuk oleh UIN SGD Bandung, yakni BRI Syariah, dengan menyebutkan kode pembayaran. "Seluruh biaya pendaftaran tidak bisa ditarik kembali," katanya.

Calon mahasiswa juga, imbuh Rohman, melakukan pendaftaran daring di laman pmb-daftar.uinsgd.ac.id dengan sandi (password) dan nama pengguna (username) yang telah didaftarkan pada saat pradaftar.

"Selanjutnya calon mahasiswa melengkapi data dan memilih program studi serta mencetak Kartu Ujian Peserta kemudian melaksanakan ujian sesuai dengan jadwal dan jakur test yang tertera di kartu ujian. Pengumuman kelulusan dapat dilihat pada laman pmb.uinsgd.ac.id dan media cetak pada 29 Juli 2019," terangnya.

Calon mahasiswa yang dinyatakan lulus, harus mengunggah biodata pada tanggal 30 Juli – 03 Agustus 2019. Selanjutnya, membayara Uang Kuliah Tunggal (UKT) pada tanggal 07-13 Agustus 2019 dan melakukan pemberkasan biodata seluruh jalur tes pada tanggal 14-22 Agustus 2019.

Editor: Kiki Kurnia

Bagikan melalui:

BERITA LAINNYA

KOMENTAR