Pascalebaran, Pengunjung Perpustakaan Cimahi Alami Penurunan

Bandung Raya

Rabu, 12 Juni 2019 | 15:51 WIB

190612155205-pasca.jpg

Laksmi Sri Sundari

JUMLAH warga yang mengunjungi Perpustakaan Umum Kota Cimahi pasca libur Hari Raya Idulfitri 1440 Hijriyah mengalami penurunan, dibandingkan dengan hari biasa. Hal itu disebabkan karena masih ada sebagian warga yang belum kembali dari mudik lebaran.

"Masih sepi jika dibandingkan hari-hari biasa, mungkin masih pada mudik. Ditambah lagi anak-anak sekolah masih pada libur," ungkap Kepala Seksi (Kasi) Layanan dan Promosi Perpustakaan pada Dinas Komunikasi Informasi Arsip dan Perpustakaan (Diskominfoarpus) Kota Cimahi, Budi Anwar di Perpustakaan Umum Kota Cimahi Jln. Daeng M. Ardiwinata, Rabu (12/6)

Ia mengatakan, pada hari biasa, pengunjung perpustakaan milik Pemerintah Kota Cimahi itu sekitar 90 orang per hari. Sedangkan setelah Lebaran 2019 ini menurun, dibawah 50 orang setiap harinya.

"Hari senin kemarin yang datang ada 33 orang, selasa 44 orang, dan hari ini sampai jam 11.30 baru ada 24 orang. Normalnya 80-90 orang," ujar Budi.

Ia memperkirkan jumlah pengunjung akan kembali normal senin (19/6/2019) depan. "Yang mudik kayaknya sudah pada pulang, dan anak-anak sekolah mulai masuk. Karena kan pengunjung perpustakaan banyak juga kalangan pelajar," ucapnya.

Mereka yang berkunjung ke Perpustakaan, kata Budi, bukan hanya para pelajar dan mahasiswa saja, tapi juga kalangan masyarakat umum.

Selain membaca berbagai buku yang menjadi koleksi perpustakaan tersebut, pengunjung juga membaca sejumlah koran, baik terbitan lokal maupun nasional. Hingga saat ini, koleksi buku yang tersedia di Perpustakaan Umum Kota Cimahi mencapai 23.291 eksemplar dengan 13.485 judul.

Di momen pasca libur lebaran ini, sambung Budi, pengunjung terutama kalangan mahasiswi lebih banyak yang baca buku di tempat, sekalian mengerjakan tugas. Ada pula yang browsing internet, dan membuat tulisan.

"Yang kategori umum (bukan mahasiswa atau pelajar) biasanya baca di tempat sebagai "me time". Mereka ke perpustakaan buat menikmati waktu sendiri, baca-baca buku, surat kabar sama majalah buat refreshing. Jadi perpustakaan sebagai tempat tujuan dimana mereka meluangkan waktunya untuk diri mereka sendiri tanpa ada gangguan," tutur Budi.

Editor: Kiki Kurnia

Bagikan melalui:

KOMENTAR

BERITA LAINNYA