Bawa Wisatawan ke Lembang, 4 Bus Pariwisata Tidak Laik Jalan

Bandung Raya

Minggu, 9 Juni 2019 | 22:20 WIB

190609211546-bawa-.jpg

Dicky Mawardi

SEBANYAK 4 bus pariwisata yang membawa rombongan wisatawan ke Lembang, Kabupaten Bandung Barat tidak laik jalan. Itu diketahui setelah  Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Bandung Barat melaksanakan kegiatan ramp check  selama tlima hari, mulai Rabu sampai Minggu (5-9/7/2019).

Kepala Dishub Kabupaten Bandung Barat Ade Komarudin didampingi Kepala UPTD Pengujian Kendaraan Bermotor Eman Sulaeman mengungkapkan, pada pelaksanaan ramp check hari pertama diperiksa  tiga kendaraan dan seluruhnya dinyatakan laik jalan. 
"Pada hari kedua ada sembilan yang diperiksa dan hasilnya laik jalan. Baru pada pemeriksaan hari ketiga dari delapan kendaraan ada dua kendaraan tidak laik jalan," kata Ade Komarudin di Lembang, Minggu (9/6/2019).

Sementara pada 8 Juni 2019 dari 19 kendaraan yang diperiksa ada satu kendaraan tidak laik jalan. Terakhir, satu dari 14 kendaraan yang diperiksa dinyatakan tak laik jalan.
Ade mengungkapkan,  tujuan dari  ramp check dalam rangka meningkatkan kualitas pelayanan terhadap masyarakat pengguna jasa angkutan umum.
Ia menjelaskan ramp check difokuskan pada tiga unsur utama yaitu administrasi, teknis, dan penunjang. Unsur administrasi meliputi SIM umum, STNK, serta kelulusan uji seperti buku uji, plat uji dan stiker bukti kelulusan uji. Kemudian unsur teknis mencakup sistem penerangan, sistem pengereman, serta kelaikan ban depan dan ban belakang kendaraan. 
Ditambahkannya,  unsur penunjang yang akan diperiksa adalah pengukur kecepatan (spidometer), sabuk keselamatan pengemudi, kaca depan dan penghapus kaca depan (wiper), juga kaca spion dan klakson. 
"Apabila ditemukan pelanggaran administrasi dan teknis, sanksi yang dijatuhkan berupa tindakan tilang sampai  dilarang beroperasi," tandasnya.

Editor: Kiki Kurnia

Bagikan melalui:

BERITA LAINNYA

KOMENTAR