Volume Sampah di Cimahi Perkirakan Naik 5-10 Persen dari Hari Biasanya

Bandung Raya

Jumat, 24 Mei 2019 | 18:31 WIB

190524183455-volum.jpg

VOLUME sampah di Kota Cimahi diprediksi akan meningkat dari biasanya saat Hari Raya Idulfitri 1440 Hijriyah. Kenaikan tersebut diperkirakan antara 5 sampai 10 persen dari biasanya yang mencapai 200-220 ton per hari.

"Kenaikan volume sampah jelang lebaran dan pas lebaran pasti ada, diperkirakan kenaikannya 5 sampai 10 persen," ujar Kepala Unit Pelaksana Teknis (UPT) Kebersihan pada Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Cimahi, Usep Koswara saat dihubungi, Jumat (24/5/2019).

Menurut Usep, kenaikan tersebut didasarkan gambaran lebaran sebelumnya. Dimana banyak warga yang memasak untuk hidangan spesial di hari lebaran.

"Kalau pada tahun-tahun lalu biasa jelang lebaran, volume sampah naik kisaran 5 sampai 10 persen. Tahun ini ngga akan jauh sekitar segitu," katanya.

Diakui Usep, jika saat ini pelayanan angkutan sampah dari Tempat Penampungan Sementara (TPS), dan dari masyarakat masih terbilang normal seperti biasanya. Tetapi bila kiriman sampah dari masyarakat ke TPS intensitas buang dan volume sampahnya terasa ada kenaikan, pihaknya akan melakukan antisipasi dengan menambah ritasi angkutan buang ke Tempat Penampungan Akhir (TPA) sampah.

"Selama ini per hari Rata-rata 50 sampai 60 rit pengangkutan dengan volume sampah sekitar 200 sampai 220 ton per hari. Sementara jumlah armada di kita ada 35 unit," bebernya.

Dijelaskannya, volume penambahan sampah jelang lebaran diperkirakan terjadi hampir di semua TPS.

"Tapi yang terasa volume sampah meningkat di TPS Pasar Antri, Pasar Atas, Pasar Baros, Pasar Cimindi, dan Pasar Citeureup, serta TPS Jalan Melong Raya. Sampah pasar lumayan banyak, selain kiriman sampah dari rumah tangga atau masyarakat," terang Usep.

Guna mengatasi peingkatan volume sampah di Kota Cimahi, pihaknya akan menurunkan sebanyak 150 orang petugas kebersihan.

"Pada malam ta'lkbir kita turunkan petugas penyapu, petugas TPS , supir serta kernet. Dan armada truk juga kita turunkan semya," ungkap Usep.

Editor: Kiki Kurnia

Bagikan melalui:

BERITA LAINNYA

KOMENTAR