Universitas BSI Bandung Adakan Seminar Reserch Method

Bandung Raya

Jumat, 24 Mei 2019 | 09:56 WIB

190524094924-unive.jpg

Krisbianto

KEMBALI Universitas BSI Bandung lewat Himakom Fakultas Ilmu Komunikasi mengadakan seminar Reserch Method bagi para mahasiswa. Hal ini dilakukan untuk memberikan masukan dan gambaran mangenai metode penelitian untuk mahasiswa tingkat akhir guna penelitian skripsi. Kegiatan ini, diadakan di Aula Universitas BSI Bandung, Jln. Ars Internasional Antapani, Bandung.

Hal ini dikatakan Dekan FEKOM Universitas BSI Bandung Dr. Heni Rohaeni, SSos., MSi., melalui siaran persnya, Bandung, Jum’at, (24/5/2019). Menurutnya, bahwa reserch method ini sangat penting bagi para mahasiswa khususnya yang tingkat akhir untuk penelitian skripsi. Tentunya, untuk memberikan gambaran dan pemahaman awal bahwa penelitian ini dilakukan berdasarkan observasi lapangan.

“Kami, ingin memberikan edukasi kepada seluruh mahasiswa khususnya yang tingkat akhir agar bisa mengikuti seminar ini. Tentunya, banyak sekali kegunaanya, agar para mahasiswa bisa lebih termotivasi untuk lebih bersemangat dalam mengerjakan Skripsi sebagai syarat wajib sebelum diwisuda,” katanya.

Pihaknya sengaja mengundang Narasumber yang memang ahli dibidangnya. Mereka ini, pasalnya, sering sekali memberikan seminar atau workshop ke seluruh kampus-kampus ternama yang ada di Kota Bandung.

“Kami langsung 2 (dua) narasumber dihadirkan yakni Sri Dewi Setiawati M.Si., dan Femi Oktaviani M.Ikom. Seminar reserd method ini, diikuti tak kurang dari 80 mahasiwa,” ujar Heni.

Sementara itu, Narasumber Sri Dewi Setiawati M.Si. menjelaskan penelitian merupakan suatu usaha sistematis dalam mempelajari material dan bahan untuk memecahkan suatu persoalan atau menguji suatu hipotesis. Hal ini, untuk mengembangkan prinsip-prinsip umum. Tentunya, agar mampu melakukan penelitian yang baik dan berkualitas meliputi penulisan ilmiah dan publikasi penelitian.

“Hasil dari penelitian ini, salah satunya yakni mampu memberikan kontribusi pada ilmu pengetahuan. Maka diperlukan pemahaman yang baik mengenai metodologi penelitian,” jelasnya.

Ia menambahkan dalam metodologi penelitian ini, membahas tentang pengantar penelitian, identifikasi masalah, penentuan topik, landasan teori, kerangka konsep, hipotesis, dan metodologi penelitian. Tentunya, semoga setelah mengikuti seminar ini, peserta dapat melakukan penelitian dengan baik dan berkualitas.
 
“Tentu, peneliti harus memahami konsep, jenis, dan metode penelitian, juga mampu melakukan seluruh proses pada metode penelitian. Tak hanya itu, peneliti harus melakukan analisis terhadap data hasil penelitian dan penulisan paper hasil yang ditelitinya. Tak kalah pentinya, yakni mampu membuat dan melakukan presentasi hasil penelitian yang telah dilakukan,” pungkas Sri Dewi. (Krisbianto).

Editor: Dadang Setiawan

Bagikan melalui:

BERITA LAINNYA

KOMENTAR