Dishub Kabupaten Bandung Barat Lakukan Ramp Check

Bandung Raya

Rabu, 22 Mei 2019 | 10:45 WIB

190522104648-dishu.jpg

Dicky Mawardi

DINAS Perhubungan (Dishub) Kabupaten Bandung Barat akan melaksanakan kegiatan ramp check secara mobile ke sejumlah ruas jalan yang dilalui angkutan mudik Lebaran. Antara lain di Jalan Raya Padalarang dan gerbang tol Padalarang.
 
"Rampcheck yang kami lakukan tidak bersifat statis atau berada di satu titik.  Tapi terus bergerak ke tempat dimana angkutan mudik melintas," kata Kepala Dishub Kabupaten Bandung Barat Ade Komarudin didampingi Kepala UPTD Pengujian Kendaraan Bermotor Eman Sulaeman di Padalarang, Rabu (22/5/2019).

Dikatakannya, karena bersifat mobile maka petugas bisa menghentikan kendaraan di tengah jalan untuk dilakukan  rampcheck. Itu diberlakukan bagi kendaraan yang secara kasat mata harus dilakukan pemeriksaan.

"Jika hasil rampcheck ternyata tak lain jalan dengan terpaksa kita larang kendaraan tersebut untuk melanjutkan perjalanan. Maka dari itu saya mengimbau kepada pengguna angkutan umum untuk teliti saat akan memilih bus atau armada lain, jangan asal naik," sarannya.

Begitu bagi yang hendak sewa bus disarankan untuk menanyakan kepada pengusaha atau manajemen dari perusahaan bus tersebut kelengkapan hasil pengujian. Sebab jangan sampai ada kejadian tidak diinginkan dalam perjalanan ataupun dihentikan petugas karena tidak laik jalan.

Ditambahkannya, rampcheck akan dilaksanakan dua kali, pada saat H-7 dan H+7. Khusus setelah Idulfitri akan mengambil tempat di Floating Market Lembang.

Ia mengatakan  untuk mempersiapkan angkutan Lebaran, banyak pencegahan yang harus dilakukan, terutama tentang keselamatan. Oleh karena itu,  Dishub Bandung Barat perlu melaksanakan rampcheck untuk mencegah terjadinya kecelakaan sekaligus memberikan rasa nyaman bagi penumpang.

“Kita  akan melaksanakan rampcheck terhadap angkutan penumpang umum. Dua kali, sebelum dan sesudah Idulfitri. Tujuannya agar masyarakat dapat menggunakan moda transportasi dengan aman,” kata Ade Komarudin.

Kualitas pelayanan

Ia menambahkan tujuan dari  rampcheck dalam rangka meningkatkan kualitas pelayanan terhadap masyarakat pengguna jasa angkutan umum.

Ia menjelaskan rampcheck difokuskan pada tiga unsur utama yaitu administrasi, teknis, dan penunjang. Unsur administrasi meliputi SIM umum, STNK, serta kelulusan uji seperti buku uji, plat uji dan stiker bukti kelulusan uji. Kemudian unsur teknis mencakup sistem penerangan, sistem pengereman, serta kelaikan ban depan dan ban belakang kendaraan.

Ditambahkannya,  unsur penunjang yang akan diperiksa adalah pengukur kecepatan (spidometer), sabuk keselamatan pengemudi, kaca depan dan penghapus kaca depan (wiper), juga kaca spion dan klakson.

"Apabila ditemukan pelanggaran administrasi dan teknis, sanksi yang dijatuhkan berupa tindakan tilang sampai  dilarang beroperasi," tandasnya.

Lain halnya jika ditemukan pelanggaran pada unsur penunjang, akan diberikan catatan untuk segera melengkapi dan memenuhi persyaratan yang kurang.

Editor: Dadang Setiawan

Bagikan melalui:

BERITA LAINNYA

KOMENTAR