Duh, Anggaran PMI dari Pemkab Bandung Barat Hanya Rp 15 Juta

Bandung Raya

Senin, 20 Mei 2019 | 17:06 WIB

190520170727-duh-a.jpg

Dicky Mawardi

PALANG Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Bandung Barat meradang, karena bantuan hibah yang diterima dari Pemkab Bandung Barat tahun 2019 hanya Rp 15 juta. Padahal sebelumnya rata-rata menerima hibah Rp 250 juta per tahun.

"Hibah yang diterima PMI tahun ini menjadi yang terkecil dibandingkan tahun-tahun sebelumnya. Biasanya PMI rata-rata menerima hibah Rp 250 juta per tahun," kata Ketua PMI Kabupaten Bandung Barat Djunaedi kepada galamedianews.com di Cililin, Senin (20/5/2019).

Bahkan, lanjut Djunaedi, paling kecil jika dibandingkan hibah yang diterima PMI daerah tertangga seperti Kota Bandung yang Rp 6 miliar per tahun dan Kabupaten Bandung Rp 250 juta per tahun.

Diakuinya dengan hibah sebesar Rp 15 juta tidak akan cukup untuk operasional PMI selama setahun. Pasalnya, sewa gedung saja mencapai Rp 100 juta per dua tahum.

Pihak PMI sudah menanyakan penurunan hibah itu kepada Bagian Kesra. Dijanjikan hibah akan ditambah pada anggaran perubahan 2019.

"Katanya sih hibah yang diterima akan kembali ke histori. Kami diminta mengajukan kembali untuk penganggaran di APBD Perubahan," tuturnya.

Lebih jauh dijelaskannya, sesuai Undang-Undang 1 Tahun 2018 tentang Kepalamgmerahan Pasal 30, pendanaan PMI dapat diperoleh dari donasi masyarakat yang tidak mengikat dan sumber dana lain yang sah sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan.

"Selain pendanaan melalui donasi, pemerintah pusat dan pemerintah daerah dapat memberikan dukungan dana dari anggaran pendapatan dan belanja negara dan/atau anggaran pendapatan dan belanja daerah," jelasnya

Editor: Kiki Kurnia

Bagikan melalui:

BERITA LAINNYA

KOMENTAR