Longsor Susulan Masih Terjadi, Warga Cicapeu Enggan Pulang ke Rumah

Bandung Raya

Rabu, 15 Mei 2019 | 22:09 WIB

190515221207-longs.jpg

Dicky Mawardi

LONGSOR susulan masih terjadi di Kampung Cicapeu RW 06, Desa Kidangpananjung, Kecamatan Cililin, Kabupaten Bandung Barat (KBB). Akibatnya, warga yang tinggal di sekitar lokasi kejadian belum berani pulang ke rumahnya.

Untuk mengetahui kondisi lokasi longsor, sejumlah petugas dari Badan Geologi datang ke lokasi bencana untuk melakukan penelitian, Rabu (15/5). Hasil dari penelitian baru akan diketahui sekitar lima hari ke depan.

"Longsor susulan masih terjadi, terutama pada saat turun hujan. Mencegah timbulnya korban jiwa, warga yang terdampak diungsikan ke tiga titik lokasi pengungsian," kata Kepala Bidang Logistik dan Kedaruratan pada Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bandung Barat Dicky Maulana di Ngamprah, Rabu (15/5/2019).

Ia menyebutkan, longsor selain merusak tiga rumah penduduk juga menimbulkan kerusakan pada jalan. Dalam radius 1,7 kilometer terdapat beberapa titik longsor.

"Badan jalan ada yang tertimbun longsor, bahkan ada badan jalan yang longsor sehingga akses jalan
menuju Soreang, Kabupaten Bandung terputus," tambahnya.

Untuk mengetahui layak tidaknya lokasi tersebut menjadi pemukiman penduduk, Dicky mengatakan masih harus menunggu hasil penelitian Badan Geologi. "Kita enggak bisa begitu saja merelokasi pemukiman yang ada di sana. Dasarnya hasil kajian Badan Geologi," jelasnya.

Editor: Kiki Kurnia

Bagikan melalui:

KOMENTAR

BERITA LAINNYA