Yayasan Baitul Maal PLN UP3 Cimahi Beri Bantuan Kaki Palsu

Bandung Raya

Kamis, 2 Mei 2019 | 16:38 WIB

190502163944-yayas.jpeg

Digdo Moedji

YAYASAN Baitul Maal (YBM) Perusahaan Listrik Negara (PLN) Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Cimahi menyerahkan bantuan sepasang kaki palsu kepada salah seorang disabilitas warga Kampung Cikalong, Desa Gunung Masigit, Kecamatan Cipatat, Kabupaten Bandung Barat (KBB) di Kantor PLN UP3 Cimahi, Jln. Raya Barat, Kota Cimahi, Kamis (2/5/2019).

Menurut Ketua YBM PLN UP3 Cimahi, Iman Budianto didampingi Manajer PLN UP3 Cimahi, Heru Purwoko serta Sekretaris Serikat Pekerja PLN UP3 Cimahi, Elvira, pemberian bantuan kaki palsu tersebut merupakan yang pertama kali diadakan di PLN UP3 Cimahi. Dana untuk bantuan kaki palsu tersebut berasal dari zakat penghasilan yang dipotong 2,5% dari karyawan muslim yang ada di PLN UP3 Cimahi.

“Sebelumnya kami melakukan survey tentang keberadaan calon penerima bantuan kaki palsu, apa betul yang besangkutan tidak mampu dalam membeli kaki palsu. Setelah kami cek ke rumahnya, ternyata calon penerima manfaat kaki palsu tersebut benar. Kondisi kedua kakinya diamputasi akibat kecelakaaan beberapa tahun lalu. Dan kondisinya adalah warga tidak mampu dengan dibuktikan dengan Surat Keterangan Tidak Mampu (SKTM). Pemberian kaki palsu tersebut bekerja sama dengan Yayasan Sugih Mukti Sumedang selaku pembuat kaki palsu,” ujar Iman.

Iman pun berharap, setelah yang bersangkutan mendapatkan bantuan kaki palsu, akan kembali kepercayaan dirinya untuk beraktivitas. Dengan begitu, sebagai kepala keluarga bisa menjadi tulang punggung keluarga dalam mencari nafkah. Yang terpenting imbuh Iman, penerima manfaat bantuan kaki palsu ini bisa meningkatkan dalam ibadahnya, sehingga akan meningkat pula keimanan dan ketaqwaannya kepada Alloh SWT.

Sedangkan Manajer PLN UP3 Cimahi, Heru Purwoko menjelaskan, mendukung penuh YBM LPN UP3 Cimahi dalam memberikan bantuan kaki palsu kepada warga Kec. Cipatat, Kab. Bandung Barat. “Saya percayakan semua kegiatan sosial kepada YBM, seperti bantuan bea siswa kepada para anak yatim yang berprestasi, memperbaiki rumah para pensiunan PLN dan lain-lain,” papar Heru.

Sementara itu, penerima manfaat kaki palsu, Dian Perdiansyah menyampaikan, rasa terima kasihnya kepada YBM PLN UP3 Cimahi, karena dirinya kini memiliki kaki palsu yang baru. “Mudah-mdahan dengan pemberian bantuan kaki palsu ini bisa bermafaat bagi saya dalam mencari nafkah seperti dulu. Dulu saya berprofesi sebagai sopir ekspedisi, kedua kaki saya terpaksa diamputasi akibat kecelakaan. Kegiatan saya kini hanya berjualan di rumah,” ucap Dian.    

Dian pun berharap kepada pengurus YBM PLN UP3 Cimahi untuk bisa membantu rekan-rekan disabilitas lainnya yang ada di Kec. Cipatat, karena masih ada rekan-rekan Dian lainnya yang belum memiliki kaki palsu.

Editor: Kiki Kurnia

Bagikan melalui:

BERITA LAINNYA

KOMENTAR