Relawan Rumker Jabar Gelar Tumpengan Bhineka untuk Negri

Bandung Raya

Kamis, 25 April 2019 | 21:26 WIB

190425212855-relaw.gif

fauzy

Rumah Kerja Relawan Jokowi Amin Jawa Barat  menggelar syukuran "Tumpengan Bhineka", sebagai ungkapan syukur para relawan dan masyarakat Indonesia atas  penyelenggaran pemilu yang damai dan lancar.

Dalam syukuran tersebut, selain memotong tumpeng, juga dimeriahkan dengan berbagai penampilan kesenian dan budaya. Dalam rangka menghibur puluhan relawan dari berbagai organisasi.

"Tuhan sudah menciptakan kita bersuku-suku dan berbangsa-bangsa, untuk saling mengenal satu sama lainnya. Kenyataan itu membuat kita belajar banyak akan arti bagaimana kebersamaan dari segala perbedaan," ungkap Direktur Strategi dan Program Rumker Relawan 01 Jabar Furqan AMC kepada wartawan di NuArt Sculpture Park, Jln. Setra Duta, Bandung, Kamis (25/4).

Menurutnya Pemilu 2019 di Indonesia adalah pesta demokrasi ter-rumit di dunia. Dengan daftar pemilih 192 juta lebih, yang tersebar di seantero nusantara dengan luas kurang lebih sama dengan benua Eropa dan dilaksanakan serentak dalam satu hari serta bersamaan dengan penyelengaran pileg.

Dikatakannya proses pemilu tersbut merupakan pekerjaan besar penuh tantangan yang dilaksanakan serentak dalam satu hari. Dikatakannya proses pilpres tersebut, merupakan pekerjaan besar dan penuh tantangan.

“Ini sesungguhnya adalah pencapaian besar demokrasi Indonesia, bahkan pencapaian besar demokrasi dunia. Indonesia sebagai salah satu negara demokrasi terbesar sudah menunjukan peradabannya, dalam mengelola sebuah suksesi kepemimpinan," tuturnya.

Hal tersebut tercapai dengan segala upaya dan ikhtiar dari semua pihak, penyelenggara, peserta, relawan maupun masyarakat luas. Bahkan  hingga hari ke dealapan pasca pencoblosan telah gugur 225 orang pahlawan demokrasi.

Pada kesempatan yang sama, Seniman Nyoman Nuarta bersyukur pesta demokrasi yang sangat rumit ini dapat berlangsung dengan lancar. Namun dirinya menyayangkan banyaknya korban yang berjatuhan dari pihak penyelenggara.

"Kita agak ikut bersedih, karena begitu banyaknya korban. Tapi secara umum pemilu ini berjalan dengan baik dan lancar. Maka patut mensyukuri dan terus memepertahankan kebudayaan kita yang akhir-akhir ini mulai tergerus," tambahnya.

Editor: boedi azwar

Bagikan melalui:

BERITA LAINNYA

KOMENTAR